Dua Turis Asing Tewas Diserang Hiu di Laut Merah Mesir

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 08:15 WIB
Sebanyak dua turis asing tewas dalam serangan hiu yang terjadi di pantai Laut Merah pada pekan ini. Foto ilustrasi. Dua turis asing tewas diserang hiu di Laut Merah, Mesir. (Istockphoto/stefanoborsani
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak dua turis asing tewas dalam serangan hiu yang terjadi di pantai Laut Merah, Mesir, pada pekan ini.

Salah satu turis merupakan warga negara Austria, sementara turis lain berasal dari Rumania.

"Kedua perempuan diserang oleh hiu saat berenang," di area Sahl Hasheesh, selatan Hurghada, Laut Merah, demikian pernyataan Kementerian Lingkungan Hidup Mesir pada Minggu (3/7)) dalam unggahan Facebook.

Kementerian tersebut juga menyampaikan sebanyak dua turis itu meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]

Pihak kementerian sendiri telah menerjunkan satu gugus tugas untuk mengetahui penyebab serangan itu secara sains, pun menemukan alasan perilaku hiu yang berujung pada insiden ini.

Sebagaimana diberitakan AFP, kewarganegaraan kedua turis dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Austria dan Kementerian Luar Negeri Rumania.

Kemlu Austria mengonfirmasi "kematian seorang warga Austria di Mesir" pada Minggu (3/7). Namun, badan itu tak memberikan detail lebih lanjut.

Kemlu Rumania juga mengonfirmasi "kematian seorang warga Rumania" yang disebabkan oleh "serangan hiu" di Hurghada, pada Minggu (3/7).

Menindaklanjuti insiden tersebut, gubernur Laut Merah Amr Hanafi memerintahkan penutupan seluruh area pantai selama tiga hari pada Jumat (1/7). Ia mengatakan penutupan itu dilakukan setelah "lengan seorang turis Austria putus, tampaknya karena serangan hiu."

Sementara itu, berdasarkan video yang dirilis di media sosial, tampak satu orang yang sedang berenang mengalami kesulitan. Setelah itu, muncul genangan darah di sekitar perenang tersebut.

Walaupun demikian, AFP masih belum bisa mengonfirmasi keaslian, tanggal, dan lokasi video tersebut.

Sementara itu, ini bukanlah pertama kali serangan hiu terjadi di Laut Merah.

Pada 2018, seorang turis Republik Ceko terbunuh dalam serangan hiu. Serangan yang mirip juga menewaskan seorang turis Jerman pada 2015.

Pada 2010, rentetan serangan hiu selama lima hari berturut-turut di Sharm el-Sheikh menewaskan satu warga Jerman dan melukai empat turis asing lain.

Laut Merah sendiri merupakan salah satu destinasi wisata populer. Peredaran hiu di area tersebut merupakan sesuatu yang umum.

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER