Pernyataan Lengkap Jokowi di Kyiv soal Pesan Zelensky Buat Putin

Dika Kardi | CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 05:58 WIB
Lawatan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia menjadi sorotan di akhir pekan lalu yang berkaitan pesan dari Zelensky buat Putin. Kolase foto kunjungan kenegaraan Pesiden RI Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia. (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lawatan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia menjadi sorotan di akhir pekan lalu.

Itu terjadi setelah pemerintah Ukraina buka suara soal pernyataan Jokowi yang mengatakan ia membawa pesan dari Presiden Volodymyr Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Jubir kepresidenan Ukraina menyatakan Zelensky jika ingin menyampaikan pesan kepada Putin, bisa dilakukan secara langsung lewat pidato publik, tanpa perantara.

Sebagai informasi, Jokowi tiba di Kyiv dan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6). Jokowi dan Zelensky kemudian menyampaikan pernyataan pers bersama di depan wartawan usai pertemuan bilateral.

Dalam pidatonya di Istana Kremlin, Jokowi juga kembali mengklaim telah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin.

"Seperti yang saya katakan di Kyiv, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, saya akan tetap mengatakan bahwa penting untuk bergerak menuju penyelesaian damai dan dialog terbuka," papar Jokowi di sebelah Putin pada Kamis (30/6).

Di dua tempat dan waktu terpisah itu, baik Zelensky maupun Putin tak menyinggung soal pesan yang dimaksud Jokowi secara langsung.

Bahkan, Juru Bicara Kantor Kepresidenan Ukraina Serhii Nikiforov mengatakan jika Zelensky punya pesan untuk Putin, maka hal itu bisa disampaikan sendiri lewat pidato, bukan melalui perantara.

"Ada pesan apa pun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato harian," ungkap Nikiforov, dikutip Minggu (3/7).

Namun, Jubir Kremlin Dmitry Peskov belakangan mengonfirmasi perihal pesan tak tertulis Zelensky via Jokowi kepada Putin. Lantas, apa sebenarnya isi pidato lengkap Jokowi kepada publik setelah pertemuan tersebut?

Inilah materi lengkap konferensi pers Jokowi yang disampaikan setelah Zelensky di Kyiv, Ukraina:

Presiden Zelensky terima kasih telah menerima sudah menerima kunjungan saya dan delegasi terbatas di Kyiv di tengah situasi yang tidak mudah ini.

Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian indonesia terhadap situasi di Ukraina.

Dari pertemuan bilateral tadi, saya ingin menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, saya sampaikan kembali undangan saya kepada Presiden Zelensky secara langsung untuk berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali.

Kemudian yang kedua, saya tegaskan posisi prinsip Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Yang ketiga, walaupun masih sangat sulit dicapai, saya tetap sampaikan pentingnya penyelesaian damai, dan spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. Dalam kaitan ini saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya temui segera.

Yang keempat saya sampaikan empati dan kepedulian saya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan, dengan kemampuan yang ada rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi batnuan obat-obatan dan komitmen rekonstruksi salah satu rumah sakit di sekitar Kyiv.

Yang kelima, saya sampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia.

Semua usaha harus dilakukan agar Ukraina dapat kembali melakukan ekspor bahan pangan. Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut.

Saya mendukung PBB dalam hal ini

Yang keenam on bilateral note, tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus bekerja sama dengan Ukraina. Terima kasih.

[Gambas:Youtube]

Konferensi pers bersama itu diakhiri Jokowi berjabat tangan dengan Zelensky dan berpose di depan lensa kamera.

Selepas dari Ukraina, Jokowi dan rombongannya ke Moskow, Rusia untuk bertemu Presiden Putin. Di Rusia, usai pertemuan bilateral, Jokowi dan Putin menggelar konferensi pers bersama.

"Saya menyerahkan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan mengatakan saya siap membantu menjembatani komunikasi antara kedua pemimpin," kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Putin, di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis (30/6)

Pidato Lengkap Zelensky bersama Jokowi di Ukraina ada di Halaman Selanjutnya:

Pidato Lengkap Zelensky bersama Jokowi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER