LAPORAN HAJI DARI MEKAH

Pengamanan Berlapis Jelang Puncak Haji di Mekah

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 09:47 WIB
Keamanan di kawasan Mekah, Arab Saudi, terutama di lokasi penyelenggaraan prosesi ibadah haji diperketat jelang puncak haji 2022. Pengamanan berlapis jelang puncak haji 2022 di Mekah. (cnnindonesia/Suriyanto)
Mekah, CNN Indonesia --

Keamanan di kawasan Mekah, Arab Saudi, terutama di lokasi penyelenggaraan prosesi ibadah haji diperketat jelang puncak haji 2022.

Pemeriksaan dilakukan pada setiap kendaraan yang melintas. Kendaraan yang tak punya kepentingan akan diminta putar balik.

Lihat Juga :

Pantauan CNNIndonesia.com, mobil yang akan masuk Mekah diminta untuk membuka kaca. Bukan cuma satu, ada sekitar 5 hingga 6 titik pemeriksaan. Bahkan ada dua titik di mana penumpang diminta menunjukkan paspor.

Pengamanan ketat juga tampak di kawasan Mina, tempat jemaah akan bermalam atau mabit dan melempar jumrah.

[Gambas:Video CNN]

Petugas keamanan terlihat berjaga dengan jarak satu sama lain sekitar 10 meter. Di tiap titik pintu masuk juga ada penjagaan.

Orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk wilayah kawasan yang masih tertutup ini. Beberapa pembenahan masih dilakukan di Mina.

Sementara di Arafah, penjagaan di sepanjang jalan dan persimpangan jalan dilakukan. Dalam tiap persimpangan, ada satu mobil patroli ditempatkan.

Di beberapa titik penjagaan bahkan ekstra ketat di mana petugas berjaga di sepanjang jalan.

Prosesi haji akan dimulai pada tanggal 7 Juli dan puncaknya akan digelar pada 8 Juli 2022 yang bertepatan dengan 9 Zulhijah 1443 H di mana jemaah haji akan berkumpul di Padang Arafah.

Tahun ini Pemerintah Arab Saudi sudah membuka layanan haji untuk warga luar setelah terhenti karena pandemi. Namun jumlah jemaah masih belum sebanyak musim haji sebelum pandemi.

Indonesia masih jadi negara pengirim jemaah haji terbanyak yakni lebih dari 100 ribu orang dari kuota normal lebih dari 200 ribu orang.

(sur/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER