Panglima Militer AS ke RI Perdana sejak 14 Tahun, Bahas Ancaman China

rds | CNN Indonesia
Senin, 25 Jul 2022 16:40 WIB
Untuk pertama kalinya sejak 14 tahun terakhir, Panglima Militer AS mengunjungi Indonesia lagi dan fokus membahas ancaman China yang meningkat di kawasan. Untuk pertama kalinya sejak 14 tahun terakhir, Panglima Militer AS mengunjungi Indonesia lagi dan fokus membahas ancaman China yang meningkat di kawasan. (Foto: AP/Achmad Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima militer Amerika Serikat, Jenderal Mark Milley, mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Jakarta pada Minggu (24/7).

Andika mengatakan lawatan Milley ini bersejarah lantaran merupakan kunjungan perdana panglima militer AS ke Indonesia sejak 14 tahun terakhir.

"Kedatangan U.S. Chairman of The Joint chiefs of Staff General Mark A. Milley bertujuan untuk menjalin kerjasama militer antara Amerika Serikat dengan Indonesia. Kunjungan General Mark A. Milley kali ini merupakan kedatangannya sebagai U.S. Chairman of The Joint chiefs of Staff setelah 14 tahun tidak melaksanakan kunjungan kerja ke Indonesia," kata Andika melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com.

Sementara itu, Miley membahas ancaman pengaruh China yang meningkat di kawasan Indo-Pasifik saat bertemu Andika.

Milley mengatakan jumlah penyadapan dan pencegatan pesawat dan kapal China di kawasan terus meningkat secara signifikan.

"Pesannya adalah militer China, di udara dan di laut, telah menjadi jauh lebih agresif dan terasa lebih agresif di wilayah tertenu ini," kata Milley seperti dikutip Associated Press.

[Gambas:Video CNN]

Milley juga mengtatakan baru-baru ini meminta stafnya mengumpulkan rincian tentang interaksi antara China dan AS di kawasan.

Lawatan Milley ke Indonesia pun berlangsung ketika AS semakin getol mendekati negara-negara di Asia Pasifik demi membendung pengaruh China di kawasan.

AS bersama Inggris dan Australia juga telah menyepakati pakta pertahanan baru yang disebut AUKUS.

Pemerintahan Presiden Joe Biden memang menilai China sebagai "ancaman yang terus muncul" dan tantangan keamanan jangka panjang utama bagi Negeri Paman Sam.

Ancaman China semakin meningkat setelah Beijing menandatangani perjanjian keamanan baru dengan Kepulauan Solomon.

Karena itu, lawatan Milley ke Indonesia sangat terfokus pada ancaman China.

"Ini adalah area di mana China mencoba memperluas pengaruh untuk tujuan mereka sendiri. Dan sekali lagi, ini mengkhawatirkan karena China tidak melakukannya hanya untuk alasan yang tidak berbahaya," kata Milley kepada wartawan yang bepergian bersamanya.

"Mereka (China) mencoba memperluas pengaruh mereka di seluruh wilayah. Dan itu memiliki konsekuensi potensial yang tidak selalu menguntungkan bagi sekutu dan mitra kami di kawasan ini," ujarnya menambahkan.

Dan menurut Milley, negara Asia Pasifik seperti Indonesia ingin bekerja sama dan terlibat dengan militer AS dalam hal ini.

"Kami ingin bekerja sama dengan mereka (negara Asia Pasifik seperti Indonesia) untuk mengembangkan interoperabilitas dan memodernisasi militer kami secara kolektif untuk memastikan mereka dapat memenuhi tantangan apa pun yang dihadapi China," ucap Milley.

Milley menganggap Indonesia merupakan negara strategis yang sangat penting bagi Asia Pasifik dan telah lama menjadi mitra utama AS.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER