KILAS INTERNASIONAL

62 WNI Selamat Penyekapan di Kamboja hingga Uji Coba Jet Korsel-RI

Tim | CNN Indonesia
Senin, 01 Agu 2022 06:34 WIB
Sederet kabar meramaikan berita internasional akhir pekan, mulai dari 62 WNI selamat dari penyekapan di Kamboja hingga Korsel uji coba jet kolaborasi dengan RI. Ilustrasi penyekapan. (Istockphoto/Daniilphotos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet kabar meramaikan berita internasional akhir pekan, mulai dari 62 warga negara Indonesia (WNI) diselamatkan dari penyekapan di Kamboja hingga Korea Selatan menguji coba jet hasil kolaborasi dengan RI.

1. WNI Korban Penyekapan di Kamboja yang Sudah Diselamatkan Bertambah 7

Kementerian Luar Negeri mengumumkan total 62 warga negara Indonesia sudah diselamatkan dari penyekapan di Kamboja.

Puluhan WNI itu terdiri dari 55 yang diselamatkan kepolisian Kamboja bersama KBRI Phnom Penh pada Sabtu (30/7), dan tambahan tujuh di hari selanjutnya.

"Tambahan jumlah WNI tersebut berdasarkan pendalaman lebih lanjut dari pihak Kepolisian Kamboja," demikian pernyataan resmi Kemlu.

Berdasarkan rencana awal, KBRI Phnom Penh akan memindahkan 62 WNI itu dari tempat mereka disekap di Sihanoukville menuju ibu kota pada Minggu malam.

Puluhan WNI itu disekap setelah menjadi korban penipuan. Mereka direkrut agen dari Indonesia, tapi sesampainya di Kamboja malah dipaksa bekerja untuk menjadi "online scammer."

2. Puing Roket Long March China Lintasi Sarawak, Jatuh di Laut Sulu

Badan Antariksa Malaysia (MYSA) mendeteksi puing-puing roket Long March 5B milik China berjatuhan dari luar angkasa di sektor Laut Sulu pada Minggu (31/7) dini hari.

Melalui Facebook, MYSA menyatakan bahwa roket yang terbakar itu sempat melintasi wilayah udara Malaysia dan dapat terdeteksi di beberapa daerah, salah satunya Sarawak.

"Serpihan roket Long March 5B milik China masuk ke ruang udara Bumi pada pukul 00.55, 31 Juli 2022, waktu Malaysia," demikian keterangan MYSA.

"Serpihan roket telah terbakar ketika memasuki atmosfer Bumi, dan pergerakan serpihan yang terbakar terpantau melintasi ruang udara Malaysia, dan dapat dilihat di beberapa kawasan, termasuk melintasi ruang udara sekitar negeri Sarawak."

[Gambas:Video CNN]

3. Jet Tempur KF-21 Boramae Kolaborasi RI-Korsel Lulus Uji Terbang Kedua

Untuk kedua kalinya, Korea Selatan sukses menguji coba prototipe jet tempur KF-21 Boramae hasil kolaborasi dengan Indonesia pada Jumat (29/7).

Industri Ruang Udara Korsel (KAI) menyatakan bahwa uji coba terbang itu berlangsung selama 39 menit setelah jet lepas landas dari Pelatihan Terbang Ketiga di Sacheon pukul 11.02 waktu setempat.

KF-21 terbang dengan kecepatan sekitar 400 kilometer per jam, mirip dengan uji coba sebelumnya. Pesawat itu dilaporkan menunjukkan stabilitas mesin jet selama uji coba berlangsung.

Dengan menggaet Indonesia, Korea Selatan memulai proyek pembuatan jet tempur lokal pertamanya ini pada 2015 lalu.

Proyek ini mengeruk dana sekitar 8,5 triliun won dan dilakukan dengan tujuan mengganti armada Angkatan Udara Korsel yang mulai uzur, yakni jet F-4 dan F-5 pada tahun 2032.

[Gambas:Video CNN]

(has/has)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER