Geger Kunjungan Pelosi, Negara Mana Saja yang Akui Taiwan?

CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 10:15 WIB
Taiwan menjadi sorotan global usai Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy Pelosi, berkunjung ke kawasan itu pada Selasa (2/8), memancing amarah China. Taiwan menjadi sorotan global usai Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy Pelosi, berkunjung ke kawasan itu pada Selasa (2/8), memancing amarah China. (Taiwan Presidential Office via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taiwan menjadi sorotan global usai Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy Pelosi, berkunjung ke kawasan itu pada Selasa (2/8), walau kedua kawasan tak punya hubungan diplomatik resmi.

Saat di Taipei, Pelosi bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan sejumlah parlemen Taiwan. Di perjumpaan ini, ia menegaskan AS tak akan meninggalkan Taiwan.

China begitu geram akan kunjungan Pelosi. Sejak dulu, China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, yang belakangan membangkang dan menyerukan kemerdekaan.

Negeri Tirai Bambu pun selalu naik pitam jika ada negara yang menjalin hubungan dengan Taiwan. AS sebenarnya tak punya hubungan resmi dengan Taiwan, tapi memiliki undang-undang yang memungkinkan relasi khusus.

Lantas, sebenarnya negara mana saja yang punya hubungan resmi dengan Taiwan?

Menurut laporan World Population Review, terdapat 13 negara yang mengakui kedaulatan Taiwan dan memiliki hubungan diplomatik per April 2022.

Negara itu yakni Belize sejak 1989, Guatemala sejak 1933, Haiti sejak 1956, Vatikan sejak 1942, Honduras sejak 1985, dan Kepulauan Marshall sejak 1998.

Negara lain yang turut mengakui salah satunya Nauru pada 1980 hingga 2002. Nauru sempat putus hubungan dengan Taiwan selama tiga tahun, tapi kembali hangat sejak 2005 hingga sekarang.

Insiden serupa juga menimpa Saint Lucia. Pada 1984 hingga 1997 mereka menjalin hubungan diplomatik, tapi sempat terputus selama satu dekade. Pada 2007 hingga sekarang, hubungan Taiwan dan Saint Lucia kembali normal.

[Gambas:Video CNN]

Negara lain adalah Palau sejak 1999, Paraguay sejak 1957, Saint Vitss sejak 1983, Saint Vincent, dan Grenadine sejak 1981, serta Tuvalu sejak 1979.

Sejumlah negara juga memiliki hubungan tak resmi dengan Taiwan. AS, misalnya, kerap menunjukkan dukungan terhadap kemerdekaan pulau tersebut.

Selain AS, tercatat 59 negara menjalin hubungan diplomatik tak resmi dengan Taiwan, di antaranya Prancis, Jerman, Jepang, Rusia, dan Inggris.

Meski puluhan negara sudah secara tak resmi mendukung, China selalu memastikan Taiwan tak merdeka dan menjadi anggota penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Bagaimana cara China menjegal Taiwan? Baca di halaman berikutnya >>>

China Tak Pernah Gagal Jegal Taiwan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER