Daftar Menu Latihan Perang China di Dekat Taiwan Usai Marah Pada AS

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 05:00 WIB
China mengumumkan memperpanjang latihan militer pada Senin (8/8) dan berikut daftar menu latihan militer China di dekat Taiwan yang disebut AS berlebihan. China sengaja gelar latihan dekat Taiwan karena marah kunjungan AS. (AFP PHOTO / STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

China mengumumkan bakal memperpanjang latihan militer besar-besaran di dekat Taiwan pada Senin (8/8).

Latihan militer ini dilakukan Beijing sebagai respons amarah atas lawatan Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke Taiwan pada pekan lalu.

Mulanya, mereka akan mengakhiri latihan ini pada Minggu (7/8), namun mereka memperpanjang. Apa saja agenda latihan China di dekat Taiwan?

Pada Minggu (7/8), Komando Pangkalan Timur China mengatakan pasukan mereka mempraktikkan operasi anti kapal selam dan serangan udara ke laut di sekitar lokasi dekat Pulau Taiwan.

Mereka juga mengatakan latihan itu termasuk uji coba senjata gabungan serangan udara dan darat jarak jauh, demikian dikutip Bloomberg.

Administrasi Keamanan Maritim China mengatakan latihan ini digelar di Laut Kuning dan Bohai.

Di Laut Kuning latihan akan berlangsung pada 8 Agustus hingga 8 September, sementara di Laut Bohai pada 7-15 Agustus, demikian dikutip Anadolu Agency.

Laut Kuning berada di tepi di Samudera Pasifik bagian barat. Secara geografis, laut ini terletak di antara China dan semenanjung Korea.

Sementara itu, Laut Bohai atau dikenal Teluk Bohai berada di pesisir timur China dan berbatasan langsung dengan Laut Kuning.

Di hari yang sama dengan pengumuman tersebut, Kementerian Pertahanan Taiwan mendeteksi 66 pesawat tempur dan kapal perang China melintasi garis median Selat Taiwan. Garis median merupakan garis tak resmi yang membagi Selat Taiwan ke sisi Taiwan dan China.

Dari 12 pesawat itu, delapan yakni jet tempur Sukhoi Su-30, dan empat jet tempur Shenyang J-11.

[Gambas:Video CNN]


Merespons serangan itu, Taiwan mengerahkan pesawat patroli, menyiarkan peringatan radin dan menyiagakan sistem pertahanan rudal untuk memantau intimidasi China.

Aktivitas militer China terlihat agresif usai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Nancy Pelosi, berkunjung ke Taiwan.

China sudah mewanti-wanti agar Ketua DPR AS tidak datang ke Taiwan. Namun AS tetap melakukan kunjungan itu. Di hari saat Pelosi tiba, Beijing mengumumkan latihan militer di Selat Taiwan pada 4 hingga 7 Agustus.

Latihan itu disebut serangkaian latihan angkatan laut dan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya di daerah dekat Taiwan. Di hari pertama latihan, Beijing meluncurkan 11 rudal Dongfeng ke dekat perairan tersebut.

Kini konflik China-Taiwan, dan China-AS semakin memanas. Selain melakukan latihan militer, China juga menangguhkan impor Taiwan dan menjatuhkan sanksi ke Pelosi dan keluarganya.



(isa/rhr)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER