Korut Cap AS Gembong Nuklir Dunia

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 17:55 WIB
Korea Utara mengecap Amerika Serikat sebagai gembong nuklir dunia, pun menegaskan tak bakal menoleransi kritik Washington terhadap program nuklir Pyongyang. Korut cap AS sebagai gembong nuklir dunia. (AFP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara mengecap Amerika Serikat sebagai gembong nuklir dunia, pun menegaskan tak bakal menoleransi kritik Washington terhadap program nuklir Pyongyang.

Pernyataan itu disampaikan oleh misi permanen Korut di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Rabu (3/8). Kala itu, diplomat Korut bertemu dengan beberapa delegasi negara lain di New York untuk menghadiri konferensi PBB yang membahas soal Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT).

"Amerika Serikat sedang berada di puncak menyalahkan seseorang, makanya negara itu menyalahkan 'ancaman nuklir' orang lain, padahal faktanya mereka adalah gembong dari proliferasi nuklir," demikian pernyataan Korut, dikutip dari Reuters.

Selain itu, Korut menyampaikan negaranya telah keluar dari perjanjian non-proliferasi sejak lama. Korut juga menuturkan tak ada seorang pun yang memiliki hak untuk melarang mereka mempertahankan negara.

[Gambas:Video CNN]

"Kami tidak akan menoleransi upaya AS dan pasukan budaknya untuk menuduh kami secara tak berdasar, pun mengganggu hak kedaulatan dan kepentingan nasional kami," ujar Korut lagi.

Sementara itu, pernyataan itu disampaikan Korut untuk merespons tudingan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Blinken, dalam pertemuan tersebut, menuduh Korut terus mengembangkan program nuklir yang melanggar hukum, pun bersiap melakukan uji coba nuklir yang ketujuh.

Korut sendiri telah menguji coba banyak rudal pada tahun ini. Banyak pakar internasional percaya Korut bersiap menjalankan tes nuklir ketujuh mereka.

Jika benar terjadi, ini merupakan pertama kalinya Korut melangsungkan uji coba nuklir sejak 2017.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER