Ada Berapa Bendungan di Perbatasan Korut-Korsel?

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 20:37 WIB
Korea Utara dikabarkan membuka pintu air satu bendungan di perbatasan dengan Korea Selatan untuk menghindari banjir akibat hujan lebat pada Senin (8/8). Korea Utara dikabarkan membuka pintu air satu bendungan di perbatasan dengan Korea Selatan untuk menghindari banjir akibat hujan lebat pada Senin (8/8). (AFP/Ed Jones)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara dikabarkan membuka pintu air satu bendungan di perbatasan dengan Korea Selatan untuk menghindari banjir akibat hujan lebat pada Senin (8/8).

"Mengingat hujan deras di Korea Utara, Korut berkali-kali membuka dan menutup pintu air Bendungan Hwanggang. Tampaknya [Korut] sedang menyesuaikan level air Bendungan Hwanggang sesuai situasi hujan," ujar salah satu pejabat Kementerian Unifikasi, dikutip Yonhap.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Korut tidak memperingatkan Korsel terlebih dulu sebelum membuka pintu air.

Ia menganggap potensi pembukaan bendungan itu berdampak ke Korsel memang masih rendah. Namun, ia masih harus terus memantau lebih jauh.

Tak hanya Hwanggang, Korut dan Korsel memiliki beberapa bendungan lain yang berada di perbatasan.

1. Bendungan Hwanggang

Bendungan Hwanggang merupakan bendungan yang berada di Provinsi Kangwon, Korea Utara. Provinsi tersebut berbatasan langsung dengan Korsel.

Sebagaimana dilansir The Korea Times, bendungan ini berada di bagian atas Sungai Imjin. Sungai tersebut melewati dataran Korut dan Korsel.

Biasanya, air yang dikeluarkan dari Bendungan Hwanggang membutuhkan waktu empat sampai lima jam untuk sampai ke Bendungan Gunnam, Korsel.

[Gambas:Video CNN]

2. Bendungan Imnam

Daily NK melaporkan Bendungan Imnam terletak di Sungai Bukhan, Provinsi Kangwon, Korut. Sungai tersebut melewati wilayah Korut dan Korsel.

Berdasarkan laporan The New York Times, Bendungan Imnam dibangun oleh Korut untuk mengarahkan air ke pembangkit listrik tenaga air negara itu yang terletak di pantai timur.

3. Bendungan Perdamaian

Bendungan Perdamaian, yang juga dikenal dengan sebutan Bendungan Hwacheon, dibangun untuk merespons pembangunan Bendungan Imnam, Korut, yang terletak di seberang zona demiliterisasi kedua negara.

Pakar militer khawatir Bendungan Imnam dapat menjadi senjata Korut untuk menghancurkan Korsel.

Korsel pun memutuskan untuk membangun Bendungan Perdamaian.

Sebagaimana diberitakan pemerintah Korsel, bendungan ini dibangun di Provinsi Gangwon-do. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Kangwon, Korut.

(pwn/has)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER