Drama Keluarga Korsel Tewas Terendam Banjir di Rumah Gaya 'Parasite'

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 15:15 WIB
Korea Selatan gempar ketika tersiar kabar kematian tiga anggota keluarga akibat terendam banjir di rumah bawah tanah, seperti yang terlihat di film Parasite. Korea Selatan gempar ketika tersiar kabar kematian tiga anggota keluarga akibat terendam banjir di rumah bawah tanah, seperti yang terlihat di film Parasite. (AP/Kim In-chul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan gempar ketika tersiar kabar kematian tiga anggota keluarga akibat terendam banjir di salah satu rumah semi bawah tanah, seperti yang terlihat di film Parasite.

Drama tersebut masih terekam jelas dalam ingatan Jeon Ye Sung, tetangga keluarga tersebut yang sempat berupaya membantu proses penyelamatan.

Jeon bercerita kepada SBS bahwa ketiga tetangganya itu terperangkap di dalam rumah ketika hujan deras mengguyur kawasan tersebut pada awal pekan ini.

Air hujan dengan cepat mengepung rumah tetangganya yang memang berada di bawah tanah. Begitu banyak air, keluarga itu sampai-sampai tak bisa membuka pintu rumah.

Saat kejadian, di dalam rumah itu hanya ada seorang nenek bersama kedua anaknya yang berusia 48 dan 47 tahun. Salah satu dari anak itu merupakan penyandang disabilitas mental.

Ketika air mulai memasuki rumah, salah satu anaknya langsung menggedor pintu, berharap ada tetangga yang mendengar dan dapat membantu mereka.

Mendengar jeritan minta tolong itu, para tetangga langsung menelepon layanan gawat darurat.

Namun nahas, saat itu banyak warga lain yang juga membutuhkan bantuan di tengah banjir. Alhasil, tak ada satu pun telepon para tetangga yang terjawab.

Dua pria tetangga keluarga itu lantas mencoba menyelamatkan ketiga orang tersebut melalui jendela yang sejajar dengan jalan.

Setelah mencoba berulang kali, mereka tetap tak bisa menjangkau ketiga orang itu karena terhalang besi anti-maling yang terpasang di jendela.

"Air memasuki rumah itu dengan cepat. Kami tak bisa melakukan apa-apa," ujar Jeon, seperti dikutip The New York Times.

Setelah beberapa jam, tim penyelamat akhirnya datang. Mereka langsung memompa air keluar rumah, tapi semuanya terlambat.

[Gambas:Video CNN]

Ketika rumah itu sudah bersih dari air, ketiga orang di dalamnya ditemukan terkapar tak bernyawa.

Insiden ini langsung viral di jagat maya Korsel. Pemerintah pun langsung bergerak, berupaya mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Pemerintah Kota Seoul langsung meminta pertemuan dengan pemerintah pusat untuk membahas revisi Undang-Undang Bangunan.

Mereka mendesak revisi aturan itu agar benar-benar melarang pembangunan rumah bawah tanah atau semi bawah tanah.

Sembari menunggu jadwal pertemuan dengan pemerintah pusat, mereka bakal memerintahkan kantor 25 distrik di Seoul agar tak memberikan izin pembangunan rumah bawah tanah.

Kebanyakan rumah-rumah semi-bawah tanah seperti ini memang tak layak huni. Di film Parasite saja, rumah itu dianggap sebagai simbol ketimpangan kehidupan di Seoul.

(has/has)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER