Pangeran Saudi MbS Cuci Ka'bah Mewakili Raja Salman

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 10:05 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran MbS mencuci Ka'bah di Masjidil Haram, Mekah, mewakili sang ayah Raja Salman pada Selasa (16/8) subuh waktu setempat. Foto ilustrasi Ka'bah. (AP/Saudi Media Ministry)
Jakarta, CNN Indonesia --

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) mencuci Ka'bah di Masjidil Haram, Mekah, secara langsung mewakili sang ayah Raja Salman pada Selasa (16/8) subuh waktu setempat.

Ia mencuci Ka'bah atas nama Raja Salman yang sudah tidak memungkinkan untuk mencuci situs suci umat Islam seluruh dunia itu karena kondisi kesehatannya.

Kegiatan pencucian Ka'bah sudah menjadi tradisi wajib bagi raja-raja Saudi sebagai orang yang diserahkan untuk menjaga dua masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Seperti dikutip dari Arab News, Pangeran MbS melaksanakan Tawaf terlebih dahulu sebelum memulai mencuci Ka'bah.

[Gambas:Video CNN]

Ia ditemani oleh Menteri Olahraga, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal. Keduanya disambut hangat oleh Ketua Presidensi Umum Pelayanan Dua Masjid Suci, Syekh Abdulrahman Al-Sudais yang juga merupakan imam besar Masjidil Haram.

MbS juga ditemani para pejabat Saudi lainnya melakukan pencucian Ka'bah.

Sebelumnya, Kerajaan mengubah tradisi pergantian kiswah atau penutup Ka'bah pada tahun baru Islam 1 Muharram.

Sebagai informasi, kiswah diganti sekali dalam setahun. Proses penggantiannya biasanya dilakukan tiap tanggal 9 Zulhijah atau bertepatan saat jemaah haji menjalani prosesi Wukuf di Arafah.

Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Kerajaan Arab Saudi, Faris Al Mathrafi menjelaskan penggantian kiswah pada 1 Muharram atas perintah langsung dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Sementara untuk pencucian Ka'bah dilakukan pada 15 Muharam seperti biasanya.

"Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," tambah Faris.

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER