Profil Kim Yo Jong, Adik Kim Jong Un yang Diejek Warga Korut

pwn | CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 08:15 WIB
Adik dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, baru-baru ini menjadi bahan olok-olokan warga negara itu setelah berpidato soal Covid-19. Profil adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, yang diejek warga Korut. (AFP/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Adik dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, baru-baru ini menjadi bahan olok-olokan warga negara itu setelah berpidato soal Covid-19.

"Mereka menganggap harga diri Kim Yo Jong sangat rendah karena terpaku pada pidato tertulis dan membacanya dengan suara gemetar seperti seorang siswa," ujar seorang sumber kepada Radio Free Asia.

Warga Korut juga mengeluhkan pidato Kim Yo Jong yang hanya berfokus menuduh Korea Selatan menyebarkan Covid-19, tetapi tak membahas masalah utama Korut saat ini, yakni kelaparan.

"Pidatonya memperburuk situasi di Semenanjung Korea. Warga mengeluhkan karena jika mereka mendeklarasikan kemenangan terhadap corona, mereka seharusnya membahas cara untuk memperbaiki situasi kehidupan yang buruk," kata sumber lain.

[Gambas:Video CNN]


Kim Yo Jong merupakan anak dari Kim Jong Il dan istri ketiganya, Ko Yong Hui.

Sama seperti Kim Jong Un, Kim Yo Jong sempat hidup dan bersekolah di Swiss. Ia juga disebut-sebut fasih berbicara bahasa Inggris dan Prancis.

Sosok Kim Yo Jong mulai menarik perhatian kala ayahnya meninggal pada 2011. Saat proses pemakaman Kim Jong Il ditayangkan di televisi, Kim tampak berdiri di samping Kim Jong Un.

Kim Yo Jong sendiri adalah salah satu pendukung terkuat Kim Jong Un. Sang kakak juga menginginkan Yo Jong mengemban posisi kuat dalam pemerintahan.

Yo Jong sempat menjabat sebagai Wakil Direktur Departemen Propaganda dan Agitasi di Partai Buruh. Ia juga terpilih sebagai anggota Majelis Rakyat Tertinggi atau parlemen Korut, pada umur 27 tahun.

Kim Yo Jong juga ditunjuk menjadi menteri pertahanan Korut, pun dinilai sebagai perempuan paling berpengaruh di negara itu.

"Dia merupakan salah satu dari sedikit orang yang bisa bebas berbicara dengan Kim Jong Un," ucap Yang Moon Jin, profesor dari University of North Korean Studies di Seoul.

"Kim Yo Jong pasti memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pejabat Korut lainnya ketika menyangkut pengambilan keputusan bersama Kim Jong Un," katanya, seperti dikutip AFP.

Sebagaimana diberitakan CNN, Kim Yo Jong lahir pada 26 September 1987 atau 1988. Ia menikah dengan Choe Song, tetapi informasi mengenai anak pasangan tersebut masih tak tersedia secara publik.

(bac/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER