Suriah Bantah Culik Jurnalis Amerika yang Hilang Sejak 10 Tahun Lalu

CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 02:55 WIB
Pemerintah Suriah membantah menculik Austin Tice, seorang jurnalis Amerika yang menghilang saat peliputan di Damaskus 10 tahun lalu. ilustrasi jurnalis / wartawan (iStockphoto/Mihajlo Maricic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Suriah membantah memegang atau memiliki informasi tentang keberadaan Austin Tice, seorang jurnalis Amerika yang menghilang satu dekade lalu saat liputan perang saudara di Negara Timur Tengah itu.

"Menyangkal telah menculik atau menyembunyikan warga Amerika yang memasuki wilayahnya atau tinggal di daerah-daerah di bawah kedaulatan dan otoritas Pemerintah Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Suriah seperti yang dikutip CNN, Rabu (17/8).

Komentar itu muncul seminggu setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Washington tahu dengan pasti bahwa Tice ditahan oleh Pemerintah Suriah.

Pemerintah Suriah telah berulang kali membantah bahwa mereka menahan Tice, tetapi sebelum pernyataannya pada hari Rabu, mereka tidak membahas keberadaan jurnalis itu secara terbuka sejak 2016.

Tice menghilang di Damaskus, Ibu Kota Suriah, saat dia bekerja sebagai jurnalis lepas untuk CBS, The Washington Post, dan The McClatchy Company.

Keluarga Tice mengatakan Austin sedang bepergian di pinggiran Damaskus, Darayya, untuk mengerjakan salah satu karya terakhirnya untuk musim panas pada 13 Agustus 2012, ketika dia ditahan di sebuah pos pemeriksaan.

Dia seharusnya berangkat ke Libanon keesokan harinya. Penduduk asli Texas dan veteran Korps Marinir AS itu seharusnya pulang untuk menyelesaikan tahun terakhir sekolah hukumnya di Universitas Georgetown.

Sejak itu, satu-satunya informasi yang diterima keluarga Tice dari para penculiknya adalah video 43 detik yang muncul lima minggu setelah dia menghilang.

Video itu berjudul "Austin Tice is Alive" dan menunjukkan Tice dan sekelompok pria bersenjata, tetapi tidak berisi informasi lain.

(tim/isn)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER