5 Prestasi Xi Jinping, Sikat Koruptor hingga Kerek China jadi Raksasa

isa | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 18:04 WIB
Presiden Xi Jinping disebut sebagai salah satu pemimpin dunia yang cerdas lantaran dapat mengamankan periode kepemimpinannya dalam waktu yang panjang. Presiden Xi Jinping disebut sebagai salah satu pemimpin dunia yang cerdas lantaran dapat mengamankan periode kepemimpinannya dalam waktu yang panjang. (Foto: (AFP/NOEL CELIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden China, Xi Jinping, memiliki sederet 'prestasi' sejak memimpin Negeri Tirai Bambu pada 2013 lalu.

Sejak menjadi presiden, Xi mampu membawa China menjadi salah satu negara dengan perekonomian dan pertahanan terbesar. Di bawah kepemimpinanya, China bahkan berhasil menyabet gelar negara adidaya saingan Amerika Serikat.

Dalam kampanyenya, Xi bahkan bersumpah akan membuat China menjadi negara besar.

"Kami akan terus berjuang mengembangkan China. Tanggung jawab besar ini adalah demi kesejahteraan rakyat," kata Xi dikutip CGTN.

Ia mengkampenyekan "Mimpi China" untuk menginspirasi orang dan menanam harapan. Ia ingin mencapai target tinggi yang bersejarah dengan kepemimpinan yang kuat.

CGTN bahkan menuliskan pemikiran Xi merupakan dasar bagi pembangunan China secara keseluruhan dalam jangka panjang. Media lokal China itu pun mengklaim China membuat kemajuan besar di banyak bidang di bawah kepemimpinan Xi.

Berikut deret prestasi Xi Jinping selama memimpin China.

1. Jadi Presiden China Paling Berpengaruh 

Di bawah kepemimpinan Xi Jinping, Partai Komunis China (CCP) memasukkan pemikiran nya ke dalam konstitusi partai dalam Kongres pada Oktober 2017 lalu di Beijing.

Dalam Kongres itu, seluruh peserta sepakat memasukkan pemikiran Xi soal sosialisme dengan karakter China di Era Bari dalam konstitusi Partai Komunis.

Merujuk sejarah China, hanya ada tiga nama pemimpin China yang masuk dalam konstitusi partai. Mereka di antaranya pendiri PKC Mao Zedong, Deng Xiaoping dan Xi Jinping.

[Gambas:Video CNN]

2. Bawa China jadi Negara Raksasa

Sejak Xi menjadi presiden, ia dinilai berhasil membawa China terus merangkak hingga kini menjadi salah satu negara dengan perekonomian hingga pertahanan terbesar di dunia.

Saat awal memimpin, ia mereformasi kebijakan utamanya yang berkaitan dengan ekonomi.

"Reformasi dan kebijakan keterbukaan adalah keputusan yang tepat. Kami akan konsisten di jalan ini, dengan pendekatan baru dan level yang lebih tinggi," ujar Xi pada 2012 lalu.

Ia memprioritaskan pertumbuhan, sebab kinerja ekonomi merupakan kunci pemerintahan yang baik.

Salah satu reformasi terobosan Xi adalah redefinisi pemerintah dan pasar. Kebijakan ini merupakan keputusan besar untuk berangkat dari ekonomi terencana.

Fokus reformasi memungkinkan kekuatan pasar memainkan peran yang menentukan dalam alokasi sumber daya.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

Deret Prestasi Xi Jinping: Tebas Koruptor-Presiden China Seumur Hidup

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER