Pengamat Juluki Adik Kim Jong Un Wanita Iblis, Kenapa?

CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 11:17 WIB
Pengamat Indonesia menyebut adik pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong sebagai wanita iblis. Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, dijuluki wanita iblis. (AFP / Dong-A Ilbo/ South Korea OUT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat Indonesia menyebut adik pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong sebagai wanita iblis.

Kenapa julukan iblis untuk Kim Yo Jong bisa muncul?

Pengamat hubungan internasional dari Universitas Indonesia, Suzie Sudarman, mengatakan di kalangan pejabat Korut ia terkenal kejam.

"Pejabat pemerintah Korea Utara hidup dalam ketakutan setelah serangkaian eksekusi atas perintah Kim Yo Jong dan menjulukinya wanita iblis," kata pengamat hubungan Internasional dari Universitas Indonesia, Suzie Sudarman, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (18/8).

[Gambas:Video CNN]

Suzie juga menjelaskan Yo Jong bisa saja meneruskan dinasti untuk memimpin Korut, menggantikan Kim Jong Un. Terlebih, karakter yang melekat dalam diri adik Kim Jong Un tersebut.

"Kalau mereka mau meneruskan dinasti akan dicoba," jelas dia.

Suzie kemudian berujar, "Dia dikenal sebagai wanita iblis dan semua pejabat Korea Utara ngeri karena dia yang menyuruh membunuh, [mereka] yang tidak setia."

Ia juga menjelaskan, sejak pemerintahan Kim Jong un dimulai, Yo Jong memiliki kekuasaan sendiri. Puncaknya, saat ia menjadi anggota alternatif Politbiro pada April 2020.

Kim Jong Un juga menunjuk Kim Yo Jong menjadi menteri pertahanan di Korut. Ia menjadi salah satu perempuan yang paling berpengaruh di negara tersebut.

Lanjut baca di halaman berikutnya...

Karier Kim Yo Jong hingga Kedekatannya dengan Kim Jong Un

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER