Ada Kapal Induk AS, Korut Tembak Rudal Balistik ke Lepas Pantai Korsel

CNN Indonesia
Minggu, 25 Sep 2022 05:50 WIB
Peluncuran rudal balistik bawah laut Korut ke laut di pantai timur Korsel itu terjadi di kala Wapres AS Kamala Harris akan berkunjung ke wilayah semenanjung. Ilustrasi. uji coba rudal balistik oleh militer Korea beberapa waktu lalu. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara (Korut) dilaporkan meluncurkan rudal balistik bawah laut (SLBM) yang belum teridentifikasi jenisnya ke lepas pantai di timur Korea Selatan (Korsel), Minggu (25/6).

Mengutip dari Reuters, peluncuran rudal itu bertepatan saat kapal induk AS berada di Korea Selatan untuk latihan militer gabungan. Dan, juga dalam beberapa hari ke depan Wakil Presiden AS Kamala Harris akan mengunjungi Korsel.

Harris akan mengunjungi Seoul pada Kamis mendatang, dan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

"Kami memantau dengan cermat fasilitas dan kegiatan terkait SLBM, dan menyiagakan postur kesiapan yang menyeluruh," demikian ujar seorang pejabat militer Korsel seperti dikutip dari Yonhap.

Militer Korsel disebutkan baru-baru ini mendeteksi kemungkinan tanda-tanda persiapan tes SLBM dari kota pesisir timur, Sinpo.

Mengenai aktivitas 'mencurigakan' di Sinpo tersebut, Kantor Presiden Korsel menyatakan Yoon telah diinformasikan pada Jumat lalu oleh Menhan Lee Jong-sup dalam penerbangan kembali dari Ottawa, Kanada. Sebelumnya selama sepekan penuh, Yoon melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

Yoon pun telah memerintahkan militer Korsel untuk merespons cepat setiap provokasi yang dibuat Pyongyang--pusat pemerintahan Korut.

Diketahui, Korut melakukan uji coba SLBM di lepas pantai Sinpo pada 7 Mei lalu atau tiga hari sebelum pelantikan Yoon sebagai Presiden Korsel. Kemudian, pada Oktober tahun lalu, masih dari kota yang sama, Korut menguji coba peluncuran mini SLBM.

(Reuters/kid)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER