Situasi Rusia vs Ukraina: Warga Rusia Rusuh sampai Kabur Takut Wamil

pwn | CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 09:06 WIB
Situasi Rusia semakin tegang usai semakin banyak warga hingga pejabat yang menentang dekrit mobilisasi pasukan cadangan (Komcad) dan wajib militer ke Ukraina. Situasi Rusia semakin tegang usai semakin banyak warga hingga pejabat yang menentang dekrit mobilisasi pasukan cadangan (Komcad) dan wajib militer ke Ukraina. (Foto: REUTERS/REUTERS PHOTOGRAPHER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perang antara Rusia dan Ukraina telah memasuki bulan ketujuh dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Pergerakan pasukan Rusia tampak melemah di beberapa titik di Ukraina hingga memicu Presiden Vladimir Putin mengeluarkan dekrit mobilisasi pasukan cadangan dan wajib militer.

Akibat kebijakan baru tersebut, ribuan warga Rusia buru-buru kabur ke berbagai negara.

Berikut situasi terkini perang Rusia vs Ukraina yang sudah berlangsung selama tujuh bulan lebih:

Ribuan Warga Rusia Kabur ke Finlandia, Ogah Wajib Militer

Sampai pada Minggu (25/9), total 16.886 warga Rusia tiba di Finlandia. dengan banyak di antaranya "transit ke negara lain."

Pada Minggu saja, sudah 8.314 warga Rusia masuk ke Finlandia. Angka ini meningkat dua kali lipat ketimbang sepekan sebelumnya.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala urusan Internasional Kepala Penjaga Perbatasan, Matti Pitkaniitty, dalam sebuah cuitan Twitter, dikutip dari CNN.

Masuknya warga Rusia ke negara itu terjadi usai Kremlin mengumumkan mobilisasi parsial, menarik pria yang sesuai kriteria masuk dalam wajib militer dan berpotensi dikerahkan ke Ukraina.

'Koki' Putin Akui Dirikan Tentara Bayaran Wagner

Konglomerat Rusia, yang juga sekutu Putin, Yevgeny Prigozhin, mengaku bahwa ia merupakan pendiri tentara Wagner pada 2014.

Salah satu tujuan pembentukan tentara bayaran itu adalah untuk membantu Rusia mencaplok Semenanjung Crimea, Ukraina, dan mengirim pasukan ke Donbas.

"Sejak saat itu, pada 1 Mei 2014, lahirlah sekelompok patriot yang kemudian diberi nama BTG Wagner," ujar Prigozhin seperti dikutip AFP.

Kelompok Wagner sendiri sempat disewa Rusia untuk membantu pasukannya menginvasi Ukraina.

[Gambas:Video CNN]

Pria Tembaki Kantor Wajib Militer Rusia di Siberia

Seorang pria meluncurkan tembakan ke kantor wajib militer Rusia yang terletak di Siberia, Senin (26/9).

Sebagaimana diberitakan AFP, penembakan itu terjadi di Kota Ust-Ilimsk di Irkutsk.

Penyelidik mengatakan tersangka penembakan merupakan warga lokal berusia 25 tahun dan seorang perempuan yang diduga adalah ibu warga tersebut, Marina Zinina.

"Mereka [pemerintah Rusia] mengatakan hanya ada mobilisasi parsial, tetapi mereka malah mengambil semua orang," kata Zinina kepada media lokal, dikutip dari AFP.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

Situasi Rusia vs Ukraina: Warga Rusia Rusuh sampai Kabur Takut Wamil

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER