Akta Kematian Ungkap Penyebab Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

rds | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 07:44 WIB
Sertifikat kematian mendiang Ratu Elizabeth II akhirnya terungkap ke publik dan menjelaskan penyebab ratu selama 70 tahun berkuasa itu meninggal dunia. Sertifikat kematian mendiang Ratu Elizabeth II akhirnya terungkap ke publik dan menjelaskan penyebab ratu selama 70 tahun berkuasa itu meninggal dunia. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyebab kematian mendiang Ratu Elizabeth II terungkap setelah hampir satu bulan kepergiannya.

Akta kematian ratu yang berkuasa selama 70 tahun itu mengungkapkan bahwa Elizabeth II meninggal pada 8 September lalu di Kastil Balmoral, Ballater, Skotlandia, sekitar pukul 15.10 waktu setempat.

Sertifikat kematian yang dirilis National Records of Scotland memaparkan usia yang sudah tua menjadi penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Sertifikat itu pun diteken oleh Putri Anne, anak perempuan Ratu Elizabeth II, seperti dikutip CNN.

Setelah prosesi panjang, Ratu Elizabeth II akhirnya dimakamkan di Kapel Peringatan Raja George VI, Windsor, Senin (19/9) sore.

Proses pemakaman dihadiri ribuan tamu dari berbagai negara, terutama pemimpin negara Persemakmuran Inggris.

[Gambas:Video CNN]

Setelah peti mati Ratu Elizabeth II dimakamkan, pihak kerajaan juga memindahkan peti mati sang suami, Pangeran Philip, yang meninggal pada April 2021 dari Royal Vault ke kapel tersebut agar bisa kembali bersama.

Sebelum dimakamkan di Kapel Peringatan Raja George VI, peti mati Ratu Elizabeth II juga sempat diturunkan ke Royal Vault sambil dibacakan ayat Psalm.

Pada Senin malamnya,peti mati Ratu Elizabeth diangkat lagi untuk dimakamkan di Kapel Peringatan Raja George VI dalam upacara tertutup untuk keluarga kerajaan saja.

Royal Vault merupakan tempat pemakaman Kerajaan Inggris yang sakral dan rahasia. Tak sembarang orang bisa masuk ke sana. Tempat itu pun menjadi misteri bagi kebanyakan warga Inggris.

Media-media Inggris hanya dapat mengungkap bahwa Royal Vault berada di ruang bawah tanah Kapel St. George. Berbentuk lorong dengan panjang 21 meter dan lebar 8 meter, Royal Vault dilaporkan bisa menampung 44 peti.

Kematian Ratu Elizabeth II menggiring anak sulungnya, Charles, naik menjadi Raja Inggris meneruskan takhta sang ibunda. Kini Charles memegang gelar Raja Charles III.

Charles memberi penghormatan kepada mendiang ibunya saat pemakaman dengan menyebut sang ratu "tidak ada tandingannya dalam durasi kepemimpinan, dedikasi dan pengabdiannya" selama memimpin Kerajaan Inggris.

"Bahkan saat kami berduka, kami bersyukur atas kehidupan yang paling setia ini," katanya dalam upacara bersejarah di Istana St James.



(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER