Rudal Korut Lintasi Jepang, Jet AS-Korsel Latihan Pengeboman

CNN Indonesia
Selasa, 04 Okt 2022 20:13 WIB
Amerika Serikat dan Korea Selatan langsung menggelar latihan pengeboman presisi, Selasa (4/10), tak lama setelah Korut menguji coba rudal yang melintasi Jepang. Ilustrasi. (AFP/Sameer Al-Doumy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat dan Korea Selatan langsung menggelar latihan pengeboman presisi pada Selasa (4/10), tak lama setelah Korea Utara menguji coba rudal yang melintasi Jepang.

"Dengan partisipasi empat jet Angkatan Udara Korsel F-15K dan empat Angkatan Udara AS F-16, F-15K Korsel melancarkan dua serangan bom (JDAM) gabungan secara langsung terhadap target virtual di zona penembakan Jikdo di Laut Barat," demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel.

Sebagaimana diberitakan AFP, latihan ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan aliansi melakukan serangan presisi ke "biang kerok provokasi."

Latihan ini digelar tak lama setelah Korut meluncurkan satu rudal yang melintasi Jepang. Rudal itu jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Negeri Sakura.

"Korea Utara meluncurkan satu rudal balistik ke arah timur sekitar pukul 07.22," ujar juru bicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno.

"Kami menganalisis detailnya, tetapi rudal itu melewati wilayah Tohoku Jepang [timur laut] kemudian jatuh di Pasifik di luar zona ekonomi eksklusif Jepang."

Akibat peluncuran ini, pemerintah Jepang mengaktifkan sistem J-Alert. Pemerintah juga meminta masyarakat di wilayah utara dan timur laut untuk berlindung.

Belakangan, Korut memang memicu kekhawatiran global karena terus menguji coba rudal, baik jarak dekat maupun jarak menengah.

Peningkatan uji coba rudal ini membuat komunitas internasional khawatir Korut bakal menggelar tes nuklir.

[Gambas:Video CNN]

(pwn/has/bac)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER