Jokowi soal Rusia-Ukraina: Kita Ingin Perang Segera Dihentikan

CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 00:17 WIB
Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa negara-negara ingin perang antara Rusia dan Ukraina segera dihentikan. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa negara-negara ingin perang antara Rusia dan Ukraina segera dihentikan. (Antara Foto/BPMI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa negara-negara ingin perang antara Rusia dan Ukraina segera dihentikan.

Jokowi berpendapat perang di Eropa Timur tersebut belum menunjukkan tanda-tanda usai. Sementara itu, semua negara telah mengalami krisis ekonomi, energi, dan pangan akibat perang itu.

"Perang yang berkelanjutan akan mengakibatkan krisis dunia yang berkelanjutan. Tentu saja kita ingin perang segera dihentikan dan perdamaian segera dibangun," kata Jokowi saat membuka Kongres Kelima World Conference on Constitutional Justice (WCCJ) di Badung, Bali, Rabu (5/10).

Jokowi kemudian menyoroti semua negara belum pulih dari krisis akibat pandemi Covid-19. Namun kemudian, negara-negara dihantam krisis akibat perang.

Ia pun mendorong berbagai negara untuk sama-sama mendesak perdamaian. Menurutnya, persaudaraan antarnegara perlu terus dijaga dalam ketegangan akibat perang.

"Kita harus bersama-sama berjuang untuk menghentikan perang dan membangun perdamaian, tetapi kita juga harus bersiap untuk memitigasi dan mengelola krisis dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Invasi dilakukan setelah Ukraina menyatakan niat bergabung dengan NATO.

Jokowi menaruh perhatian khusus pada konflik dua negara tersebut karena memicu krisis di berbagai belahan dunia.

Ia bahkan pernah menemui langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin di negara masing-masing pada awal Juli lalu.

(dhf/has)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER