Putin Ulang Tahun, Kim Jong Un Kirim Surat Ingin Relasi Pribadi Mesra

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 19:27 WIB
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, mengirimkan surat khusus untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, Jumat (7/10). Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, mengirimkan surat khusus untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, Jumat (7/10). (AFP/Alexey Nikolsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, mengirimkan sepucuk surat khusus untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, Jumat (7/10).

Dalam surat itu, Kim mengutarakan harapan hubungan pribadi mereka dapat memainkan peran besar dalam membangun hubungan antara kedua negara.

Kim pun melontarkan puja-puji bagi Putin yang ia anggap sudah meraih "pencapaian untuk mencapai target strategi besar untuk membangun Rusia yang kuat."

"Kini, Rusia membela kehormatan negara dan kepentingan fundamentalnya dari tantangan dan ancaman AS dan pasukannya," tulis Kim dalam surat yang dikutip kantor berita Korut, KCNA, sebagaimana dilansir Korea Herald.

Surat itu berlanjut, "Fakta semacam itu tak bisa terbayangkan tanpa kepemimpinan dan keinginan kuat."

Kim menyatakan bahwa saling dukung dan kerja sama antara Korut dan Rusia "sangat kuat" di tengah tantangan untuk membangun hubungan bilateral.

Belakangan, Korut memang terus menunjukkan kedekatannya dengan Rusia. Kedua negara saat ini sedang berada di bawah tekanan internasional.

Korut dikritik dunia karena terus menguji coba rudalnya, bahkan sampai melintasi wilayah Jepang pada pekan lalu.

Sementara itu, Rusia juga dihujani kritik karena invasi mereka di Ukraina, juga pemaksaan terhadap rakyatnya untuk mengikuti wajib militer.

[Gambas:Video CNN]

Putin merayakan ulang tahun yang ke-70 tahun pada hari ini, di tengah gonjang-ganjing kemunduran pergerakan pasukan Rusia di Ukraina.

Di tengah kemunduran itu, sejumlah pejabat sekutu Putin mulai mengkritik strategi perang Negeri Beruang Merah.

Namun di hari ulang tahun ini, media Rusia memberitakan para loyalis Putin melontarkan puja-puji bagi sang presiden.

(has)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER