KILAS INTERNASIONAL

PM Malaysia Anwar Ibrahim Terima Kasih ke Jokowi hingga Tak Ambil Gaji

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 06:25 WIB
PM Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan rasa terima kasih ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) atas ucapan selamat setelah jadi PM. PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim usai dilantik pada Kamis (24/111). (Mohd Rasfan/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan rasa terima kasih ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) atas ucapan selamat setelah jadi PM.

Jokowi menjadi presiden pertama yang mengucapkan selamat kepada Anwar Ibrahim usai dilantik jadi PM.

Berita lainnya soal Anwar Ibrahim adalah pria 75 tahun itu berjanji tak akan ambil gaji sebagai PM Malaysia.

Berikut kabar 24 jam terakhir dalam Kilas Internasional pagi ini:

Anwar Ibrahim: Terima Kasih Pak Jokowi Jadi yang Pertama Beri Selamat

Presiden Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang melayangkan ucapan selamat kepada Perdana Menteri baru Malaysia, Anwar Ibrahim, usai dilantik pada Kamis (24/11).

Hal itu terungkap usai Anwar mengunggah video yang memperlihatkan momennya ditelepon Jokowi di media sosial.

[Gambas:Video CNN]

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya ucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai PM ke-10 Malaysia," ucap Jokowi seperti terdengar dalam video tersebut.

Anwar Ibrahim: Saya Tak Akan Ambil Gaji sebagai PM Malaysia

Anwar Ibrahim menyatakan tidak akan mengambil gajinya sebagai Perdana Menteri Malaysia yang baru usai dilantik oleh Raja Al-Sultan Abdullah pada Kamis (24/11).

"Saya telah memilih untuk menolak gaji (saya) sebagai perdana menteri," kata Anwar dalam konferensi pers perdananya usai jadi PM pada kamis malam.

"Saya juga menegaskan bahwa langkah pertama yang akan dilakukan adalah menunjuk menteri dan pemimpin tanpa lihat partai, tanpa tengok agama[...]maka saya memilih untuk menolak gaji perdana menteri," ujarnya menambahkan.

Netizen RI Ikut Girang Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Sejumlah warga Indonesia turut girang usai Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah memilih pemimpin oposisi koalisi Pakatan Harapan (PH), Anwar Ibrahim, jadi Perdana Menteri pada Kamis (24/11).

Salah satu warganet RI ada yang menyinggung penantian Anwar dari zaman menjadi eks wakil perdana menteri pada 1994 hingga sekarang.

"Rintangan 24 tahun tak membuatmu gentar. Kami di Indonesia turut berbahagia atas terpilihnya Bapak sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10," tulis dia.

(tim/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER