Jokowi Beri Selamat ke PM Malaysia: Anwar Ibrahim Dihormati Rakyat RI

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 09:10 WIB
Presiden Indonesia Jokowi mengungkapkan warga RI menghormati Perdana Menteri baru Malaysia Anwar Ibrahim. PM baru Malaysia Anwar Ibrahim ketika menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor pada 2018. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan warga RI menghormati Perdana Menteri baru Malaysia Anwar Ibrahim.

Pernyatan itu muncul di unggahan Instagram @jokowi yang dirilis Jumat (25/11). Dalam postingan itu, ia memberi selamat kepada Anwar usai dilantik menjadi PM baru.

"Selamat dari Indonesia untuk Yang Mulia Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia. Datuk Anwar adalah tokoh yang sudah lama dikenal luas dan dihormati oleh rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi juga menyinggung soal kedekatan Malaysia dan Indonesia. Ia berharap keakraban itu membuat hubungan dua negara serumpun semakin kokoh di semua bidang terutama dalam bidang ekonomi, perbatasan dan perlindungan warga negara.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, Jokowi mendoakan agar sang PM diberikan kekuatan dan kemudahan dalam memimpin Malaysia.

Sebelumnya, Anwar mengatakan Jokowi adalah kepala negara pertama yang memberikan ucapan selamat usai dirinya resmi menjadi PM Malaysia.

[Gambas:Video CNN]

Anwar bahkan mengunggah di media sosialnya momen ia menerima telepon dari Jokowi.

"Terima kasih, saya anggap ini menjadi suatu penghormatan di antara yang paling awal menelpon. Ini menunjukkan bahwa saya kekal sebagai sahabat sejati Indonesia," ungkap Anwar merespons ucapan Jokowi di telepon.

Anwar memang dekat dengan sejumlah tokoh di Indonesia, salah satunya dengan eks Wakil Presiden BJ Habibie. Nama politisi Malaysia itu juga familiar di telinga warga RI lantaran Anwar beberapa kali berkunjung ke Indonesia.

Pemimpin oposisi itu terpilih menjadi perdana menteri usai drama pemilihan umum (Pemilu) Malaysia yang buntu. Raja sampai-sampai harus turun tangan untuk memilih kepala pemerintahan baru.

Sang Raja lalu memilih Anwar dan melantiknya pada Kamis sore waktu setempat.

(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER