Pesawat Kecelakaan Nyangkut di Menara Sutet Maryland AS

CNN Indonesia
Senin, 28 Nov 2022 19:56 WIB
Sebuah pesawat kecelakaan dan menyangkut di menara Sutet dan menyebabkan pemadaman listrik di sekitar Maryland, Amerika Serikat, Minggu (27/11). Pesawat nyangkut di menara sutet Maryland, AS. (AP/Tom Brenner)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah pesawat kecelakaan dan menyangkut di menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) dan menyebabkan pemadaman listrik di sekitar Maryland, Amerika Serikat, Minggu (27/11).

Kepala Pemadam Kebakaran Montgomery County Scott Goldstein mengatakan pesawat tersangkut di menara pukul 12:16 waktu setempat. Awak pertama dikeluarkan dari pesawat pukul 12:25, dan awak kedua pukul 12:36 waktu setempat.

Goldstein tak mengatakan laki-laki mana yang lebih dulu diselamatkan

Ia hanya mengatakan kedua orang itu mengalami "luka serius" dan hipotermia akibat kecelakaan tersebut. Mereka kemudian dilarikan ke pusat trauma lokal, demikian dikutip Associated Press.

Sementara itu, Kepolisian Negara Bagian Maryland mengidentifikasi salah satu orang tersebut sebagai pilot, Patrick Merkle. dari Washington. Satu orang lagi yakni Jan William seorang penumpang dari Louisiana.

Goldstein kemudian menceritakan kronologi penyelamat orang dalam pesawat itu. Ia mengatakan pihak berwenang menurunkan kabel tegangan tinggi agar aman bagi penyelamat.

Petugas pemadam kebakaran kemudian menggunakan derek untuk membuat pesawat stabil dengan merantai atau mengikatnya ke menara.

Setelah pesawat lebih stabil, tim penyelamat menggunakan derek menurunkan kedua orang tersebut. Goldstein mengatakan tim secara berkala menghubungi orang dalam pesawat melalui ponsel untuk memeriksa kondisi.

Pihak berwenang melaporkan sekitar 120.000 pelanggan tanpa listrik di Montgomery County.

Pada saat penyelamatan, sebagian besar listrik telah pulih, di luar lokasi kecelakaan. Goldstein lalu mengatakan langkah selanjutnya yakni mengamankan pesawat, melepasnya dan kemudian kabel listrik akan dipasang kembali lalu dihubungkan kembali.

Administrasi Penerbangan Federal menyatakan pesawat itu berangkat dari White Plains, New York, dan menabrak menara saluran listrik di dekat Montgomery County Airpark di Gaithersburg sekitar pukul 17:40 hari Minggu.

FAA mengidentifikasi pesawat itu sebagai Mooney M20J. Sejauh ini, masih belum diketahui penyebab kecelakaan.

FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER