'Melempem' di Ukraina, Kapal Rusia Simulasi Perang di Laut Norwegia

rds | CNN Indonesia
Selasa, 10 Jan 2023 21:15 WIB
Rusia mengerahkan sebuah kapal perang yang dilengkapi senjata jelajah hipersonik ke Laut Norwegia untuk melancarkan simulasi perang. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rusia mengerahkan sebuah kapal perang yang dilengkapi senjata jelajah hipersonik ke Laut Norwegia untuk melancarkan simulasi perang.

Kementerian Pertahanan Norwegia memaparkan kapal perang Rusia itu berjenis fregat dengan nama Armada Uni Soviet Gorshkov. Oslo memaparkan kapal itu melakukan latihan pertahanan udara di perairan itu.

"Awak fregat Laksamana Armada Uni Soviet Gorshkov melakukan latihan pertahanan udara di Laut Norwegia," bunyi pernyataan Kemhan Norwegia pada Selasa (10/1).

"Para kru kapal melakukan latihan untuk menghalau sarana serangan udara musuh yang disimulasikan di Laut Norwegia," papar kementerian itu menambahkan.

Simulasi perang ini dilakukan Rusia ketika invasi ke Ukraina terus mengalami kemunduran.

[Gambas:Video CNN]

Belakangan Ukraina bahkan menggempur balik tentara Rusia di Soledar, Donetsk. Begitu kuat perlawanan Ukraina, tentara Rusia sampai-sampai dilaporkan harus melangkahi teman sendiri ketika berjalan.

"Musuh benar-benar harus melangkahi jasad-jasad tentara mereka sendiri ketika menggunakan artileri, sistem MLRS, dan mortar," ujar Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, seperti dikutip Reuters, Selasa (10/1).

Meski begitu, Rusia masih terus berupaya menggempur sejumlah wilayah di Ukraina.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga secara langsung memantau pengiriman kapal fregat ke perairan Mediterania, Samudra Atlantik, hingga Samudra Hindia untuk melakukan latihan serupa.

Kapal fregat itu juga dilengkapi rudal hipersonik Zircon yang diklaim mampu terbang dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara. Rudal ini juga dikabarkan memiliki jangkauan lebih dari 1.000 kilometer.

Rusia menganggap Zircon sebagai senjata yang dapat menembus teknologi rudal AS yang kian canggih.

(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER