Kongres PAN

Deklarasi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan Bawa 4 Gagasan

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 21/01/2015 19:19 WIB
Deklarasi Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan Bawa 4 Gagasan Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan di sela silaturahmi PAN di Surabaya, Senin (19/1). (Antara/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Zulkifli Hasan resmi mendeklarasikan diri menjadi calon ketua umum Partai Amanat Nasional. Menurut Ketua Majelis Pertimbangan Barisan Muda PAN Hanafi Rais, ada beberapa gagasan yang disampaikan Zulkifli sebagai calon ketua umum saat deklarasi di Surabaya, Senin (19/1).

Gagasan pertama adalah ingin lebih fokus pada kerja politik untuk membela kepentingan masyarakat yang diwakilinya. "Jabatan ketua umum partai tidak serta-merta membuat yang menyandangnya akan maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden supaya kerjanya fokus pada rakyat, bukan kepentingan nyapres," ujar Hanafi kepada CNN Indonesia, Rabu (21/1).

Oleh sebab itu, kata Hanafi, akan dibuat konvensi partai yang melibatkan pengurus sampai tingkat ranting dalam memilih calon presiden dan calon wakil presiden dari PAN.


Gagasan lainnya adalah mengenai pengkaderan partai yang tidak lagi diselenggarakan untuk kepentingan nyaleg. Maksudnya, ujar Hanafi, Zulkifli berharap harus ada kesinambungan pencalegan bagi semua kader PAN.

PAN, menurut putra pertama Amien Rais itu, perlu mendirikan sekolah politik perkaderan. "Isinya adalah gagasan Pak Amien Rais yang selama ini concern dengan persoalan kepentingan bangsa, khususnya soal nasionalisme dan kedaulatan bangsa," kata dia.

Perubahan sistem dalam penentuan pimpinan pengurus daerah calon kepala daerah juga menjadi gagasan Zulkifli Hasan. Bila sebelumnya Dewan Pimpinan Pusat PAN berperan penuh dalam menentukan pimpinan dewan daerah dan calon kepala daerah, Zulkifli berniat untuk memberikan wewenang penuh kepada pengurus daerah untuk memutuskan.

Gagasan keempat adalah mengenai peningkatan kerja pelayanan kepala daerah. Zulkifi berharap ketua umum yang baru dan para pengurus partai harus lebih mudah ditemui dan diajak berkomunikasi, baik langsung ataupun tidak langsung, oleh kader-kader dari daerah.

Deklarasi Zulkifli yang digelar di Surabaya diklaim dihadiri 26 Dewan Pimpinan Wilayah dan sekitar 200 Dewan Pimpinan Daerah PAN.

Selain Zulkifli, incumbent Hatta Rajasa juga mencalonkan diri kembali sebagai Ketua Umum PAN. (meg/agk)


BACA JUGA