Pindah ke Bogor, Jokowi Siap Dukung Penataan Kota

Resty Armenia, Noor Aspasia Hasibuan, CNN Indonesia | Rabu, 18/02/2015 12:03 WIB
Pindah ke Bogor, Jokowi Siap Dukung Penataan Kota Jokowi dan Jusuf Kalla bersiap berfoto bersama para gubernur saat jeda pertemuan dengan Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat, 24 November 2014. (Antara/Andika Wahyu)
Bogor, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi betah tinggal di Bogor. Hal itu ia sampaikan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Beberapa hari terakhir, Jokowi melakukan kegiatan kenegaraan di Istana Bogor, juga bermalam di sana. Sejumlah barang pribadinya pun telah diboyong ke Istana Bogor.

“Presiden menyampaikan merasa nyaman beraktivitas di Bogor, terutama Istana Bogor,” kata Bima usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/2). Pemerintah Kota Bogor pun berencana untuk menata kota dan lalu lintas.

Jokowi, menurut Bima, tak ingin kepindahannya dari Istana Merdeka ke Istana Bogor merepotkan warga Bogor. Oleh sebab itu ia masuk ke Istana Bogor lewat jalan belakang, bukan lewat depan gerbang utama Istana.


Pemkot Bogor saat ini kebetulan tengah menata lalu lintas, pedagang kaki lima, dan memperbaiki taman serta trotoar di Kota Hujan itu. “Maka pemerintah pusat siap mendukung,” ujar Bima.

Rute angkot juga akan diubah agar tak menumpuk di pusat kota Bogor. Selain itu, angkutan kota bakal dikonversi menjadi TransPakuan, sedangkan angkot akan jadi feeder. Pemkot Bogor pun tengah mengkaji pemberlakuan jalur searah di sekitar Istana Bogor yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan jarak Jakarta-Bogor cukup jauh. Meski demikian, ia semula mengira Jokowi tak akan setiap hari tinggal di Bogor. JK pun menampik Jokowi pindah karena situasi politik dan hukum yang memanas akibat kisruh KPK-Polri saat ini.

Jokowi kini ternyata bermalam di Bogor setiap hari sekalipun misal siang harinya berkegiatan di Istana Negara, Jakarta. Semula Jokowi menggunakan Istana Bogor hanya untuk rapat dengan kepala daerah dari seluruh Indonesia. Namun Senin pekan ini (16/2), untuk pertama kalinya Jokowi memimpin rapat terbatas dan rapat paripurna kabinet di Istana Bogor.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menyatakan Jokowi merasa rileks berada di lingkungan Istana Bogor yang asri dan sejuk. Menurutnya, Jokowi menginginkan perubahan suasana kerja. (agk/agk)