Dukungan Terhadap Ahok untuk Lawan DPRD Terus Mengalir

Lalu Rahadian | CNN Indonesia
Minggu, 01 Mar 2015 08:39 WIB
Terdapat lebih dari 2.000 petisi dan topeng wajah Ahok yang dicetak dan diberikan kepada masyarakat DKI Jakarta oleh 'Teman Ahok' Ahad (1/3) pagi ini. Lembar petisi yang diisi warga sebagai bentuk dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 1 Maret 2015. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melaporkan temuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penyimpangan dalam APBD 2015 ke KPK. CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia -- Kumpulan warga DKI Jakarta yang menamakan dirinya sebagai 'Teman Ahok' menggalang dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melalui petisi kepada masyarakat Jakarta yang menghadiri event Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (1/3).

Mereka menggalang dukungan atas aksi Ahok —sapaan akrab Basuki— karena telah menyerahkan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta  yang dicurigai terdapat indikasi korupsinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi Jumat (27/2) lalu.

Salah satu koordinator aksi 'Teman Ahok', Yoan Putra, menegaskan bahwa ia dan teman-temannya menggalang dukungan dan petisi bukan semata untuk mendukung Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pihaknya menggelar aksi lebih kepada untuk mendukung langkah Ahok yang dianggap berani membongkar indikasi korupsi dalam penyusunan APBD DKI Jakarta 2015 dan tahun-tahun sebelumnya.


"Kami mengadakan aksi ini bukan semata-mata mendukung secara buta Ahok. Namun kita hanya setuju dengan langkah Ahok yang berani membongkar tindakan korupsi oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Kami menegaskan bahwa dalam melakukan itu Ahok tidak sendirian," ujar Putra di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/3).

Terdapat lebih dari 2.000 petisi dan topeng wajah Ahok yang dicetak dan diberikan kepada masyarakat DKI Jakarta oleh 'Teman Ahok' Minggu (1/3) pagi ini. Selain itu, di kawasan sekitar Bundaran HI juga disediakan enam buah papan tulis yang berisikan dukungan serta tanda tangan warga DKI Jakarta yang mendukung aksi Ahok melawan DPRD DKI Jakarta.

Rencananya seluruh petisi dan dukungan yang diperoleh akan diberikan kepada Ahok oleh sekumpulan warga yang menamakan dirinya 'Teman Ahok' beberapa hari ke depan. Bahkan, gerakan masyarakat itu berencana membuat dokumentasi acara untuk turut diberikan kepada Gubernur dan DPRD DKI Jakarta nantinya.

"Dukungan yang dikumpulkan nanti kita dokumentasikan. Gerakan ini muncul awalnya dari sosial media twitter dari warga DKI dan teman-teman yang mendukung langkah Ahok. Nanti kami berikan dukungan dan dokumentasi acara ke Ahok dan DPRD juga," ujar koordinator aksi lainnya, Aditya Yogi Prabowo.

(obs/obs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER