Al Chaidar: Ratusan WNI Bergabung Jabhat Al Nusra di Suriah

Suriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2015 17:16 WIB
Menurut pengamat terorisme Al Chaidara, sudah banyak yang tewas saat berperang melawan tentara rezim Bashar Al Ashad sejak 2012 lalu. Ilustrasi perang di Suriah. (REUTERS/Wsam Almokdad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat terorisme Al Chaidar memperkirakan ada ratusan warga negara Indonesia yang saat ini bergabung dengan pasukan Jabhat Al Nusra di Suriah. Sudah banyak di antara telah tewas saat berperang melawan pasukan rezim Bashar Al Assad.

Nama terakhir yang tewas bersama Al Nusra adalah Ridwan Abdul Hayyie, putra tokoh Majelis Mujahidin Muhammad Iqbal alias Abu Jibriel kemarin. Ridwan tewas dalam perang merebut Kota Idlib. Ia tewas tertembak peluru tank pasukan Suriah.

Menurut Al Chaidar, bergabungnya WNI ke Al Nusra terjadi sejak tahun 2012. Mereka bergabung dengan organisasi cabang Al Qaeda di Suriah ini untuk memerangi rezim yang berkuasa di Suriah saat ini.


"Ada banyak (WNI) di Al Nusra, ada ratusan," kata Al Chaidar kepada CNN Indonesia, Jumat (27/3).

Para WNI ini masuk ke Suriah dengan cara legal. Misalnya Ridwan yang masuk ke Suriah pada Juli 2014 untuk menjadi relawan dari Majelis Mujahidin. (Baca juga: Catatan Ridwan Berangkat Perang ke Suriah)

Al Nusra di Suriah memiliki misi sama dengan ISIS yakni memerangi rezim Bashar Al Assad. Namun meski punya misi sama, namun Al Nusra berlawanan dengan ISIS. Keduanya kata Al Chaidar malah saling serang. (Baca juga: Jabhat al-Nusra, Panji Perang Ridwan di Suriah)

Selain itu, ada perbedaan WNI yang hendak bergabung dengan ISIS dengan mereka yang bergabung dengan Al Nusra. Jika mereka yang bergabung dengan ISIS membawa serta keluarga, maka Al Nusra tidak mewajibkan anggota keluarga dibawa ke Suriah.

Ridwan Abdul Hayyie bergabung dengan Al Nusra Juli 2014 lalu saat menjadi relawan dari Majelis Mujahiddin di Suriah. Dikutip dari Arrahmah.com, Ridwan pergi ke Suriah bersama sembilan rekannya yang lain. (Baca juga: Ridwan yang Tewas di Suriah Bergabung dengan Jabhat Al Nusra)

Situs Arrahmah bercerita banyak soal keberadaan Ridwan di Suriah. Meski bertujuan menjadi relawan, Ridwan ternyata tidak hanya membantu pengungsi di Suriah. Di Kota Idlib, Ridwan juga ikut bertempur melawan pasukan rezim Bashar Al Assad. (Baca juga: Putra Abu Jibriel Dikabarkan Tewas di Suriah) (sur/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK