Jokowi, Anies dan Ahok Tinjau UN di SMAN 2 Jakarta

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2015 07:12 WIB
Jokowi, Anies dan Ahok Tinjau UN di SMAN 2 Jakarta Para siswa SMAN 2 di Gajah Mada, Jakarta Pusat, mengajak foto bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat memantau pelaksanaan Ujian Nasional di sekolah tersebut, Selasa (14/3).
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam rangka pekan Ujian Nasional (UN), Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2, Gajah Mada, Jakarta Barat pada Selasa (14/4).

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, yang paling pertama hadir adalah Ahok, yaitu pada pukul 06.30 WIB. Begitu sampai di SMAN 2, Ahok yang mengenakan pakaian safari langsung menyapa para siswa kelas XII yang akan mengikuti UN manual atau menggunakan kertas. Siswa langsung riuh dengan berteriak, menyalami dan meminta foto bersama Gubernur tersebut bak penggemar. 

(Baca Juga: FOKUS: Cara Baru Ujian Nasional)


"Kebetulan saya dulu ingin masuk SMAN 2. Jadi, orang harus jujur. Kalau jujur pasti akan menang," kata Ahok. Setelah memberikan orasi singkat, Ahok kemudian melakukan selfie dan menyapa para siswa.

Jokowi dengan pakaian batik tampak hadir pada pukul 06.45 WIB bersama Anies yang berbusana warna putih. "Sudah siap untuk masuk kelas dan menempuh UN? Hati-hati dalam mengerjakan soal. Kedua, saya mendoakan kepada seluruh siswa mendapatkan nilai yang baik," kata Jokowi saat pidato di depan siswa SMAN 2.
Selain itu, Jokowi juga mengingatkan para siswa agar berdoa terlebih dahulu. Setelah itu, Jokowi melakukan foto bersama dengan para siswa.

SMAN 2 merupakan rayon VI Jakarta Barat. Sekolah-sekolah dari wilayah Grogol, Petamburan, dan Taman Sari mengambil soal di sekolah ini.

Ujian Nasional pada tahun ini diselenggarakan melalui dua metode, yakni manual dan basis komputer. Berdasarkan data Kemendikbud, jumlah peserta UN berbasis komputer mencapai 170 ribu orang di seluruh Indonesia. Sementara, peserta UN manual mencapai 7,3 juta siswa yang terdiri atas 3,7 juta siswa SMP, 1,6 juta siswa SMA, 1,1 juta siswa SMK dan enam ratus ribu siswa pendidikan kesetaraan (paket B dan C).

(utd/utd)