Menteri Susi Sebut Yosep Saksi Penting Kasus Benjina

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Selasa, 21/04/2015 12:04 WIB
Menteri Susi Sebut Yosep Saksi Penting Kasus Benjina Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti (kiri) didampingi Ketua Satuan Tugas Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing Mas Achmad Santosa memberikan keterangan terkait kasus perbudakan abk asing PT Pusaka Benjina Resources (PBR), Benjina, Maluku di Kantor Kementerian KKP, Jakarta, Rabu (8/4). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pusjiastuti mengakui peran penting Koordinator Pos Pengawas Sumber Daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Kepulauan Aru Yoseph Sairlela dalam kasus perbudakan dan pencurian ikan di kapal PT Pusaka Benjina Resources. Yosep ditemukan tewas pada Sabtu (18/4) lalu di kamar Hotel Treva, Cikini, Jakarta.

Menurut Susi, almarhum Oce—sapaan Yosep—merupakan saksi penting dalam kasus yang melibatkan kapal Benjina tersebut. "Saudara Oce adalah saksi penting dalam kasus Benjina," ujar Susi ketika ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/4).

Oce ditemukan tewas secara mendadak di sebuah Hotel di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin dini hari lalu. Polisi masih menyelidiki kasus kematian Oce meski semula ada dugaan Oce tewas karena serangan jantung.


Susi juga mengaku belum mengetahui sebab pasti kematian yang dialami oleh anak buahnya ini. "Kita masih tunggu visum selesai dalam 2 minggu ini. Saya tidak bisa berasumsi (penyebab kematian Oce)," kata Susi.

Oce diketahui berangkat ke Jakarta pada Kamis pekan lalu. Ia hendak membeli suku cadang perahu motor sekaligus untuk menjenguk putrinya yang kuliah kedokteran di Jakarta.

Sebelum tiba di Jakarta, Oce sempat singgah di Surabaya untuk menemui seseorang. Namun belum diketahui siapa yang ditemui Oce di ibu kota Jawa Timur tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Asep Burhanudin, Oce sudah terlihat sakit saat bertemu putrinya hari Jumat lalu.

Jumat malam petugas hotel membawa Oce ke rumah sakit namun setibanya di rumah sakit, Yosep sudah meninggal dunia. Kemarin jenazah diserahkan ke pihak keluarga oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Asep sebelum dimakamkan hari ini di Tual, Maluku.

Kematian mendadak Oce ini membuat Susi meminta kepolisian menyelidiki penyebab kematian Oce. Autopsi juga sudah dilakukan terhadap jenazah dan akan keluar sekitar dua pekan lagi untuk mengetahui pasti penyebab kematian Oce. (Baca juga: Kronologi Tewasnya Yosep, Pengawas Perikanan Benjina) (sur/sur)