Gala Dinner KAA, Halaman Tengah Istana Disulap Jadi Memukau

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2015 16:33 WIB
Gala Dinner KAA, Halaman Tengah Istana Disulap Jadi Memukau Halaman tengah Kompleks Istana Kepresidenan disulap cantik untuk gala dinner delegasi peserta Konferensi Asia-Afrika, Rabu (22/4). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi akan menggelar gala dinner atau jamuan makan malam, Rabu (22/4), sebagai rangkaian acara Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika. Gala dinner dijadwalkan berlangsung pukul 20.00 WIB di halaman tengah antara Istana Negara dan Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan RI.

Jamuan makan malam ini akan dihadiri ratusan tamu yang terdiri dari para kepala negara dan tamu kehormatan lain. Tamu-tamu penting itu membuat Istana serius mempersiapkan pernak-pernik untuk gala dinner malam nanti.

Staf Istana mengerahkan kemampuan terbaik mereka dalam menata, mendekorasi, dan mengatur halaman luas itu dengan tema pesta kebun (garden party).


Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, sejumlah staf sibuk melakukan pengecekan dan pengerjaan tahap akhir dekorasi. Mulai dari office boy hingga Komandan Kompleks Istana Kepresidenan terlihat berlalu-lalang. Sejumlah pengisi acara pun mulai berdatangan.

Para tamu malam nanti akan memasuki lorong yang dihiasi tanaman rambat. Karpet merah digelar di sepanjang lorong yang dijadikan pintu masuk ke tenda utama tepat di bagian tengah halaman Istana. Keempat sisi tenda berkanopi putih itu dilapisi plastik transparan agar para tamu dapat melihat pepohonan besar di halaman.

Sesampainya di ujung lorong, tamu akan disambut meja berukuran 40 meter dengan 39 kursi yang berderet sebagai tempat duduk utama. Di bagian dalam tenda, bunga-bunga segar dan cantik mendominasi dekorasi, mulai dari tiang penyangga, sisi-sisi jalan, dan meja. Lampu-lampu taman pun bergantung berjajar di sela-sela tanaman rambat yang menghias atap tenda.

Persiapan gala dinner Konferensi Asia-Afrika di Istana Kepresidenan RI, Jakarta. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Deretan meja dan kursi tamu utama menghadap ke sebuah panggung berukuran 20 x 10 meter dengan latar belakang putih bertuliskan Gala Dinner Asian African Summit. Di sisi kiri dan kanan backdrop dipasang videotron besar. Tak hanya itu, terdapat puluhan kursi yang disediakan untuk pemain orkestra di sisi kiri panggung.

Sementara di sisi kanan dan kiri tenda utama terdapat tenda untuk tamu kehormatan lain. Puluhan meja memenuhi kedua tenda tersebut. Satu meja dikelilingi empat kursi warna emas. Di atas meja-meja tersebut terdapat menu makanan yang dicetak di sebuah kertas karton putih berlambang burung garuda dan peralatan makan yang ditata rapi. (Lihat foto-foto menawannya di sini: Istana Bersolek untuk Pesta Kebun Delegasi KAA Malam Ini)

Salah seorang panitia acara dari Kementerian Sekretariat Negara menyampaikan, sebelum mengikuti jamuan makan malam nanti, setibanya di Istana Kepresidenan para kepala negara akan disambut dan dijamu oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka terlebih dahulu.

"Akan ada semacam welcome drink dari Presiden di Istana Merdeka. Sementara para staf atau perwakilan delegasi lain akan langsung menuju ke tempat gala dinner berlangsung," ucap petugas Istana.

Peringatan 60 Tahun KAA diadakan di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April. Segmen pertama digelar di Jakarta 19-23 April. Di ibu kota, konferensi akan diisi beberapa pertemuan mulai dari pertemuan tingkat pejabat tinggi, pertemuan tingkat menteri, hingga pertemuan kepala pemerintahan.

Setelah rangkaian acara di Jakarta rampung, pada hari terakhir, 24 April, seluruh perwakilan negara peserta KAA bertolak ke Bandung untuk melakukan prosesi napak tilas KAA 1955. (agk/agk)