Ahok Ingin Foto Bareng Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Kamis, 23/04/2015 05:50 WIB
Ahok Ingin Foto Bareng Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan keinginannya untuk berfoto dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un jika mengunjungi Ibu Kota negara tersebut, Pyongyang, di masa depan. Kim yang batal ke Indonesia untuk menghadiri Konferensi Asia-Afrika tidak membuat Ahok patah arang dan menunggu momentum.

Keinginan tersebut disampaikan Ahok saat dirinya menjelaskan banyak kota yang berstatus sebagai kota serupa DKI Jakarta sampai saat ini. Salah satu kota itu yang Ahok ingat adalah Ibu Kota Korut, Pyongyang. (Baca juga: Ahok Rombak PNS Pemprov DKI Jakarta Usai APBD Cair)

"Saya juga tidak tahu ada sister city (antara Jakarta) dengan Pyongyang. Berapa saya tidak ingat, banyak banget," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/4).


"(Jika ke Pyongyang) Foto (dengan Kim Jong Un) perlu dong. Ya perlulah foto dengan orang hebat di dunia. (Usianya) 32 tahun tapi powerfull, punya nuklir, harus foto dong," ujar Ahok melanjutkan wawancaranya. (Baca juga: Ahok Berencana Bangun Kanal Nelayan di Muara Angke)

Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia, DKI Jakarta memiliki sister city sebanyak 35 kota yang tersebar di beberapa negara di dunia. Washington D.C, New York City, Pyongyang, dan Mumbai merupakan beberapa sister city yang dimiliki Jakarta sampai saat ini.

Ahok menuturkan, Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pernah berpesan terhadap dirinya agar dapat mengunjungi seluruh sister city DKI Jakarta selama ia menjabat sebagai Gubernur. Namun, mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan keengganannya untuk mengunjungi seluruh sister city Jakarta hingga masa jabatannya berakhir 2017 nanti.

"Ya tidak usah semua lah (sister city dikunjungi). Beberapa kota mungkin bisa kita datangi. Ya, bisa menyuruh pak Djarot saja, males aku," kata Ahok. (Baca juga: PM Mesir Hadiri Liga Arab, Ahok Tunda Pamer Rusun Muara Baru) (pit/pit)