Kader Demokrat ke SBY: Lanjutkan!

Basuki Rahmat N, CNN Indonesia | Senin, 11/05/2015 20:33 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kiri) didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (kedua kanan) dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) memantau persiapan pembukaan kongres Partai Demokrat ke-IV di Hotel Shangrila, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/5). ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengklaim para kader partainya yang menghendaki Susilo Bambang Yudhoyono menjabat kembali ketua umum mencapai 90 persen. Figur SBY, kata Max, dinilai sebagai satu-satunya yang paling pantas untuk melanjutkan kembali kepemimpinan Demokrat.

“Suara kader baik di DPP, DPD maupun di DPC kenyataannya menginginkan kembali figur SBY untuk memimpin partai. Hampir 90 persen ingin SBY melanjutkan,” ujar Max kepada CNN Indonesia, Senin (11/5).

Menurut Max, pemilik suara dari tingkat DPC yang berjumlah sekitar 520 dan DPP sebanyak 34 menyuarakan agar SBY menduduki kembali kursi ketua umum.


Dengan realita yang seperti itu, Max menegaskan, proses pemilihan ketua umum periode 2015-2020 akan berlangsung secara aklamasi. “Bakal tidak bisa dihindari kalau nanti Pak SBY terpilih secara aklamasi,” katanya.

Bagi Max tidak masalah sama sekali jika ketua umum dipilih secara aklamasi. “Tidak bertentangan dengan demokrasi, justru ini penguatan yang bagus untuk kepemimpinan partai,” tutur bekas anggota DPR ini. (Baca: SBY Tak Pernah Halangi Kader Mencalonkan Diri)

Sejauh ini, menurut Max, kandidat ketua umum lain yang baru terlihat dari spanduk yang dipasang di dekat arena kongres yaitu Gede Pasek Suardika. Untuk Marzuki Alie hingga Senin malam, Max mengaku belum melihat. (Baca: Mubarok Sebut Penantang SBY Galang Kekuatan Sembunyi-sembunyi)

Max mengingatkan kepada pihak-pihak yang tidak menghendaki SBY tidak menjabat ketua umum lagi sebaiknya menyalurkan secara benar. “Jumlah mereka hanya sedikit, seharusnya mereka menyampaikan aspirasinya melalu prosedur yang berlaku di partai,” kata Max menyindir sekelompok kader Demokrat yang menamakan diri kelompok Kaukus Penyelamat Partai Demokrat yang sebelumnya hendak menggelar pertemuan di Hotel Java Paragon, Surabaya.

Serupa dengan Max, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan memastikan bahwa mayoritas kader pemilik suara menginginkan SBY kembali memimpin Demokrat. “Hampir semua menghendaki SBY lagi,” ucap Ramadhan kepada CNN Indonesia, Senin (11/5).

Ramadhan menyebutkan, dari 600 pemilik suara di kongres hampir seluruhnya bakal memberikan suara untuk SBY. “Aklamasi itu opsi yang berkembang saat ini. Suara dari DPP, DPD, DPC dan juga sayap partai menghendaki SBY. Pokoknya para kader bilang, lanjutkan!” ujar Ramadhan menegaskan. (obs/obs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK