Pansel KPK Akan Dekati Tokoh Antikorupisi

Resty Amneia, CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2015 10:41 WIB
Pansel KPK Akan Dekati Tokoh Antikorupisi Selain Buka Pendaftaran, Pansel KPK Akan Dekati Tokoh Antikorupsi. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota tim Panitia Seleksi (Pansel) komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Betti S. Alisjahbana, mengungkapkan bahwa selain membuka pendaftaran, timnya akan mencoba mendekati para tokoh antikorupsi yang memenuhi kriteria agar yang bersangkutan mau mendaftar.

"Kami akan pro aktif. Selain menerima pendaftaran, kami akan mengidentifikasi tokoh-tokoh antikorupsi yang memenuhi kriteria dan kami akan melakukan pendekatan, mempengaruhi agar yang bersangkutan mau mendaftar," ujar Betti di Istana Merdeka, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (25/5).

Karena menjadi komisioner KPK merupakan tugas negara, Betti mengaku akan berusaha mengetuk hati para tokoh antikorupsi tersebut, meskipun tetap harus melalui proses seleksi seperti pendaftar lainnya.


"Jadi tidak ada jaminan bahwa yang kami minta untuk mendaftar itu akan diterima. Jadi itu terobosan yang akan kami lakukan. Kami juga akan libatkan masyarakat," kata dia.

Betti menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima nama kandidat pimpinan KPK. "Belum. Jadi kami baru akan membuat rencana kerja. Jadi belum ada kandidat," ujar dia.

Oleh sebab itu, Betti meminta masyarakat yang merasa memiliki calon kandidat yang berkompeten memimpin lembaga antirasuah untuk merayu dan mendorong agar mau berkiprah dalam upaya pemberantasan korupsi.

Sepakat dengan Betti, Ketua Tim Pansel KPK Destry Damayanti menilai bahwa masalah pemberantasan korupsi adalah masalah seluruh komponen bangsa. " Teman-teman tentu punya kuping di mana-mana, punya banyak relasi, teman, dan sebagainya yang bagus-bagus jadi tidak ada salahnya mengajak mereka yang bagus mendaftar," kata dia.
(meg/meg)