Ulah Pedemo Ahok: Maki Staf 'Cecunguk', Ancam Bakar Gedung

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Senin, 01/06/2015 14:10 WIB
Ulah Pedemo Ahok: Maki Staf 'Cecunguk', Ancam Bakar Gedung GMJ kembali menggelar demo menolak Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perwakilan massa Gerakan Masyarakat Jakarta yang berdemonstrasi menentang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di depan Gedung DPRD DKI, Senin (1/6), akhirnya bertemu anggota DPRD DKI di sela aksi unjuk rasa mereka.

Di antara perwakilan demonstran yang menemui anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Hanura Syarifuddin dan rekannya dari Gerindra ialah Ketua Umum Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab.

Semula ketegangan sempat terjadi karena tak ada satu pun perwakilan DPRD DKI yang bersedia menemui demonstran. Alih-alih anggota DPRD, pegawai Sekretariat DPRD lah yang menghampiri perwakilan massa.


Salah satu perwakilan GMJ, Zainuddin, pun berang. “Saya tidak butuh kalian! Kalian hanya cecunguk. Saya hanya ingin bertemu wakil saya (anggota DPRD) di sini. Kalau enggak, bisa gue bakar nih gedung ini,” kata dia, berteriak kepada pegawai Sekretariat DPRD tersebut.

Namun ketegangan pudar setelah massa dapat bertemu langsung dengan anggota DPRD DKI. Mereka menggelar pertemuan di ruang rapat lantai tiga Gedung DPRD DKI. Syarifuddin, sang anggota DPRD, mengatakan telah menerima semua tuntutan yang dibawa oleh GMJ dan akan membawanya untuk dibahas dalam Rapat Pimpinan Gabungan DPRD DKI Jakarta.

"Ini suatu kehormatan yang seharusnya diterima pimpinan lengkap. Tapi sayangnya pemimpin Dewan ada kesibukan lain. Saya menerima Habib dan teman-teman bukan yang pertama tapi kesekian kalinya. Tapi nanti keputusan ada di Ketua DPRD dan Wakil Ketua," ujar Syarifuddin.

Saat menyampaikan tuntutan kepada DPRD DKI Jakarta, Habib Rizieq mendesak Hak Menyatakan Pendapat terhadap Ahok segera disampaikan oleh DPRD dalam waktu dekat.

Pimpinan FPI itu juga mendorong DPRD DKI untuk menurunkan Ahok. "Kesalahan Ahok begitu banyak. Ini perlu ditindaklanjuti DPRD sampai Ahok dilengserkan. Kalau Ahok dibiarkan, di mana eksistensi wakil rakyat?" ujar Habib Rizieq.

Secara terpisah, Ahok menyatakan tak peduli dengan demonstrasi itu. GMJ, kata Ahok, sudah langganan mendemo dia. (Baca Ahok Siap Didemo: Paling Tambah Dosis Obat Pusing) (agk/agk)