Tradisi Mudik dan Silaturahmi ala Wakil Gubernur DKI Jakarta

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Jumat, 17/07/2015 09:26 WIB
Tradisi Mudik dan Silaturahmi ala Wakil Gubernur DKI Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat didampingi Istrinya Heppy Farida saat berbincang di rumah dinasnya, Kamis (25/12). (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada tradisi yang masih dipegang oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat Hari Raya Idul Fitri tiba tiap tahunnya. Tokoh asal Blitar itu diketahui sering berkumpul bersama keluarga besar, dan merayakan Idul Fitri di rumah saudara yang berbeda-beda saat hari kedua Lebaran tiba.

Djarot diketahui biasa berkumpul dengan keluarganya saat hari kedua Lebaran tiba. Di tahun pertamanya menjadi wakil gubernur di ibu kota, Djarot dipastikan akan tetap melakukan acara kumpul bersama keluarga tersebut.

Saat mudik untuk pertama kalinya nanti, mantan wali kota Blitar itu direncanakan akan langsung menuju Solo, Jawa Tengah, untuk berkumpul bersama keluarga besarnya yang sudah menunggu di sana.


"Kami akan mudik hari Sabtu (18/7) siang ya. Tahun ini kakaknya Bapak (Djarot) yang punya gawean di Solo. Jadi kami ke Solo dulu, kemudian kami balik ke Blitar," ujar istri Djarot, Happy Farida, kepada CNN Indonesia, Kamis (16/7).

Menurut Happy, tradisi merayakan Lebaran di rumah anggota Keluarga Besar Diarrét sudah dilakukan sejak lama. Tiap tahunnya acara tersebut diadakan di rumah anggota keluarga yang mendapat giliran menjadi tuan rumah silaturahmi.

"Biasanya berurutan yang bergiliran untuk menjamu. Tahun ini giliran di Solo. Setelah itu kami baru ke Blitar, kami undang tetangga kanan dan kiri untuk silaturahmi di rumah," kata Happy.

Berkumpulnya anggota keluarga saat Lebaran tiba menjadi satu momen berharga yang selalu dinantikan oleh Djarot. Menurutnya, pertemuan antar anggota keluarga harus dilakukan untuk menjaga tali silaturahmi, mengingat kedua orang tuanya telah tiada.

"Pasti kumpul ke semua saudara kandung dan anak-anaknya. Jadi, saya itu 7 bersaudara dan sekarang telah beranak pinak jadi 37 (anggota keluarga besarnya) kalau tidak salah. Saya anak keempat. Nanti, yang punya gawe di Solo adalah anak pertama," ujar Djarot beberapa waktu lalu.

Sebelum mudik, Djarot akan terlebih dahulu menjamu para pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk bersilaturahmi di Balai Kota DKI Jakarta. Selain itu, Djarot dijadwalkan akan mengunjungi rumah beberapa budayawan Betawi dan mantan Gubernur DKI Jakarta saat Idul Fitri tiba esok hari.

Alumni organisasi GMNI itu akan mudik setelah pasangannya di Pemprov DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, pulang terlebih dahulu ke kampungnya di Belitung Timur pada Jumat esok. Setelah ke Solo dan Blitar, Djarot juga sempat berencana akan pergi ke Surabaya sebelum kembali ke Jakarta di awal minggu depan. (hel)