Jokowi Beri Penghargaan Ramah Anak untuk Jakarta dan Solo

Resty Armenia, CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2015 21:32 WIB
Jokowi Beri Penghargaan Ramah Anak untuk Jakarta dan Solo Presiden Joko Widodo saat berbuka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/6). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan bagi daerah asalnya, Surakarta sebagai Kota Layak Anak. Sementara untuk Provinsi Layak Anak diberikan Jokowi pada daerah yang juga pernah dipimpinnya, DKI Jakarta.

Daerah lain yang juga mendapat penghargaan sebagai daerah ramah anak adalah Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Daerah Istimewa Yoyakarta.

Penghargaan ini diberikan Jokowi langsung kepada kepala daerah lima daerah tersebut. Penghargaan diberikan dalam acara peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Total ada 72 daerah yang mendapatkan penghargaan serupa dan terbagi dalam tiga kategori yakni kategori Nindya untuk tiga kabupaten/kota, kategori Madya untuk 24 kabupaten/kota, dan kategori Pratama untuk 50 kabupaten/kota. Surabaya dan Surakarta masuk dalam kategori Nindya.


Penghargaan untuk Jawa Timur diberikan pada Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Sementara DKI Jakarta diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat. Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menerima penghargaan ini. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menerima penghargaan mewakili daerahnya masing-masing.

Daerah yang mendapat pengahargaan ini adalah daerah yang menyelenggarakan program pembangunan daerah berbasis anak yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan anak.

Sebelum menjadi Presiden RI, Jokowi adalah Gubernur DKI Jakarta. Dalam Pilkada 2012, ia terpilih saat berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama. Wakil Jokowi itu kini menjadi orang nomor satu di Jakarta menduduki kursi Gubernur yang ditinggal Jokowi.

Sebelum jadi Gubernur, Jokowi adalah Wali Kota Surakarta. Wali Kota Surakarta saat ini, Hadi Rudyatmo, pernah menjadi Wakil Jokowi di salah satu daerah di Jawa Tengah itu. (sur/sur)