Jelang Reshuffle, Tujuh Menteri Menghadap Jokowi Tadi Malam

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 10:14 WIB
Sebelum bertemu tujuh menteri itu, Presiden Jokowi juga bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas soal perombakan kabinet. Sejumlah menteri berbincang bersama sebelum pelaksanaan Pelantikan Menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 Oktober 2014. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang perombakan kabinet yang kabarnya diumumkan siang ini, Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri. Tadi malam ada tujuh menteri yang dipanggil Jokowi.

Tujuh menteri itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Maritim Indroyono Soesilo, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. Tujuh menteri ini yang selama ini santer dikabarkan akan diganti oleh Jokowi.

Sebelum memanggil tujuh menteri ini, Jokowi juga bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla kemarin sore untuk membicarakan beberapa masalah termasuk perombakan kabinet. (Baca juga: NasDem Pasrah Jika Jokowi Reshuffle Menteri Tedjo)


Sejak kemarin, indikasi bakal adanya perombakan kabinet juga mulai tampak. Jadwal Presiden sejak kamarin selalu berubah dan tak tepat waktu.

Acara wawancara dengan empat media masaa yang seharusnya dimulai pukul 11.00 WIB hingga petang, namun ditunda hingga pukul 14.00 WIB.

SIMAK FOKUS: Bongkar Pasang Menteri Jokowi

Anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki memastikan bahwa Presiden bertolak dari Istana Kepresidenan Bogor ke Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB. Namun, keterangan dari salah seorang pengawal Jokowi menyebutkan bahwa acara di Jakarta bersifat internal.

Dari informasi yang didapat, pertemuan sore itu adalah pertemuan dengan Jusuf Kalla untuk membicarakan soal perombakan kabinet.

Menteri Perdagangan Rahmat Gobel yang disebut salah satu yang akan diganti membantah pertemuan dengan Presiden membahas perombakan. (Baca juga: Pengumuman Perombakan Kabinet Kerja Diduga Kuat Siang Ini)

Menurutnya pertemuan itu hanya membahas dengan menteri terkait soal pemerintah yang memberikan izin kepada Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengimpor daging sapi guna menekan kenaikan harga di pasaran.

Sementara pagi ini, Jokowi juga dikabarkan akan memanggil sejumlah tokoh ke Istana Bogor. Salah satunya adalah Darmin Nasution, mantan Gubernur Bank Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. (sur/sur)