Foto Andi di Jajaran Mantan Sinyal Pramono Jadi Seskab

Helmi Firdaus & Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 11:01 WIB
Foto Andi Widjajanto sudah digantung di jajaran para mantan sekretaris kabinet sejak sebulan yang lalu. Foto Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto hari ini, Rabu (12/8), berada di jajaran gambar para mantan Seskab RI di lobi Gedung Utama Sekretariat Negara. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politisi senior PDIP Pramono Anung disebutkan bakal menjadi sekretaris kabinet (seskab) menggantikan Andi Widjajanto. Nama Pramono Anung, sebut Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno sudah disodorkan ke Jokowi untuk mengisi posisi itu.

“Kami sejak awal sudah siapkan, sekarang tinggal Pak Jokowi perlu pos mana dan siapa yang cocok,” kata Hendrawan kepada CNN Indonesia, Rabu (12/8).

Sudah lama nama mantan Wakil Ketua DPR ini disebut-sebut bakal masuk ke Kabinet Jokowi. Pramono Anung dinilai memiliki kemampuan komunikasi politik yang baik. Kemampuan itu akan jadi kunci utama untuk mencari keseimbangan antara pemerintah dengan DPR. (Baca juga: Jelang Reshuffle, Tujuh Menteri Menghadap Jokowi Tadi Malam)


Sejak Jokowi mengumumkan Kabinet Kerjanya, komunikasi politik antara DPR dengan pemerintah berada dalam kondisi yang cukup tegang. Program Jokowi banyak yang masih belum bisa direalisasikan karena komunikasi politik yang tidak berjalan baik. Demikian juga hubungan Jokowi dengan PDIP.

Banyak sekali politisi PDIP mengeluh karena tidak bisa berkomunikasi langsung dengan Jokowi. Penilaian para politisi PDIP terhadap kinerja para menteri Jokowi juga banyak yang buruk. Tudingan kemudian diarahkan ke Andi Widjajanto karena tidak bisa berkomunikasi politik dengan baik. Desakan untuk menggantikannya dengan sosok politisi PDIP senior yang matang menguat. Pramono dinilai sosok yang tepat.

Sumber di PDIP mengatakan bahwa Pramono Anung memang akan menggantikan Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet. Tidak itu saja. Sumber itu melanjutkan bahwa ada kemungkinan Sekretariat Kabinet dan Sekretariat Negara akan digabung dan kedua lembaga itu akan dibawah Pramono Anung. (Baca juga: Resmi, Darmin Nasution Bakal Dilantik jadi Menko Ekonomi)

Bisa jadi pernyataan sumber PDIP itu separuh benar. Saat CNN Indonesia berada di lobi Gedung Utama Sekretariat Negara, Rabu (12/8) pagi, sudah terpasang foto Andi Widjajanto di dinding. Sudah menjadi kebiasaan foto yang dipasang di lobi Gedung Utama adalah jajaran para mantan seskab dan mensesneg.

Foto-foto mantan seskab dan menseneg itu dipasang di dinding sebelah kiri lobi Gedung Utama Sekretariat Negara. Dinding sebelah kiri itu dibagi menjadi dua bagian dengan toilet sebagai pembatasnya. Dinding bagian pertama untuk menggantung foto-foto mantan mensesneg sementara dinding kedua untuk menggantung foto-foto mantan seskab.

Pada dinding untuk menggantung mantan menseseg, belum tampak foto Pratikno. Sementara di dinding untuk menggantung mantan seskab, sudah terpasang foto Andi Widjajanto. Ternyata, foto Andi di jajaran mantan seskab tidak digantung pada hari ini atau kemarin, tetapi sebulan yang lalu. (Baca juga: NasDem Benarkan Menteri Tedjo Berpamitan Lewat Pesan Singkat)

“Foto Seskab (Andi Widjajanto) sudah sekitar sebulanan ada di situ (dinding para mantan seskab),” kata seorang petugas keamanan di Sekretariat Negara.

Bisa jadi, ini menjadi salah satu sinyal kuat bahwa Andi Widjajanto digantikan oleh Pramono Anung. Jokowi sendiri, dikabarkan akan mengumumkan perombakan Kabinet Kerja pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara. Sebelumnya, Jokowi berada di Istana Bogor untuk menggodog nama-nama menteri baru untuk menggantikan menteri yang lama.

BACA FOKUS: Bongkar Pasang Menteri Jokowi

(hel)