Rano Karno 'Si Doel' Sah Jadi Gubernur Banten Gantikan Atut

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 14:35 WIB
Rano Karno 'Si Doel' Sah Jadi Gubernur Banten Gantikan Atut Pelantikan Rano Karno Sebagai Gubernur Banten di Istana Negara menggantikan Ratu Atut. (Detikcom/Mega Ratya Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Rano Karno sebagai Gubernur Banten dengan sisa masa jabatan 2015-2017, menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang ditetapkan sebagai terdakwa kasus korupsi. Pelantikan digelar di Istana Negara, Rabu (12/8).

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78/P/Tahun 2015 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur Banten sisa masa jabatan 2015-2017, maka Presiden Jokowi sah memberhentikan Rano sebagai Wakil Gubernur Banten masa jabatan 2015-2017 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasanya selama memangku jabatan tersebut.

Keppres tersebut juga mengesahkan Rano Karno yang terkenal dengan perannya sebagai Si Doel dalam Sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai Gubernur Banten sejak saat pelantikan digelar.


Sebelum dilantik, Rano sempat menuturkan akan mengejar ketertinggalan pembangunan Provinsi Banten dengan fokus pada sektor infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

"Tapi sekarang yang memang menjadi poin yang sedang kita fokuskan tentang kemarau. Sudah banyak kekeringan di daerah Banten, walaupun di beberapa wilayah di tengah kemarau ini masih ada panen raya. Hari ini ada panen raya di Lebak," ujar Rano.

Rano mengungkapkan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberitahunya untuk tidak mengangkat wakil gubernur dulu karena masa jabatan hanya tersisa 17 bulan.

"Tapi kalau memang nanti ada wakil, buat saya tidak ada masalah. Ada wakil, saya kerja. Tidak ada wakil, saya kerja," kata dia. (hel)