Gubernur Ahok Doakan Menteri Baru Buat Jokowi Berhasil

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 19:34 WIB
Gubernur Ahok Doakan Menteri Baru Buat Jokowi Berhasil Menteri Perdagangan Thomas T Lembong, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berfoto saat diambil sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi undangan dalam momen perombakan Kabinet Kerja yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta siang tadi. Kendati hanya merupakan undangan, Ahok sapaan akrab Basuki menaruh harapan pada perombakan kabinet Presiden Joko Widodo.

"Semoga (para menteri) membuat Pak Jokowi berhasil jadi Presiden. Menteri membantu presiden agar kerjanya berhasil," kata Ahok saat ditemui di Balai Kota, usai menghadiri acara pelantikan menteri baru, Rabu (11/8).

Terkait pilihan menteri-menteri baru yang sudah dijatuhkan oleh Joko Widodo, Ahok mengaku tak bisa menilai. Namun, ia mengaku sudah mengenal tokoh-tokoh tersebut sejak lama. "Saya tidak bisa menilai. Tapi rata-rata sudah kenal juga sejak lama," ujarnya. (Baca juga: Thomas Lembong Paling Banyak Dicari di Google)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memutuskan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno digantikan oleh pejabat baru, Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut sebelumnya menjabat Kepala Staf Kepresidenan.


Kemudian Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo digantikan oleh Rizal Ramli, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil digantikan oleh Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel digantikan oleh pengusaha Thomas T Lembong, dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago digantikan oleh Sofyan Djalil yang sebelumnya menjabat Menko Perekonomian.

Adapun posisi Sekretaris Labinet yang sebelumnya ditempati oleh Andi Widjajanto digantikan oleh Pramono Anung.  (Lihat Juga: FOKUS Bongkar Pasang Menteri Jokowi)

Berdasarkan pengamatan CNN Indonesia, semua pejabat baru yang dilantik terlihat hadir dalam prosesi pelantikan tersebut. Namun tak semua menteri yang digantikan hadir, misalnya Tedjo, Andi, dan Gobel. (sip)