Gubernur Kalsel Klarifikasi Ketidakhadiran di Rapat Luhut

Anggi Kusumadewi, CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2015 14:33 WIB
Gubernur Kalsel Klarifikasi Ketidakhadiran di Rapat Luhut Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Kalimantan Selatan Tarmizi Abdul Karim tak menghadiri rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan yang dipimpin Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, kemarin, karena menggelar rapat dengan para kepala daerah dan penegak hukum di provinsinya.

“Hari Selasa, Pejabat Gubernur menyambut kedatangan Wakil Jaksa Agung Andi Nirwanto dalam pertemuan Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan seluruh Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Selatan,” kata Tarmizi melalui Asisten Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Mariatul Asiah, dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia, Rabu (16/9).

Pertemuan Forkompinda yang dihadiri Tarmizi dan Wakil Jaksa Agung itu juga dihadiri oleh pejabat Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri se-Kalimantan Selatan, Pengadilan Tinggi Negeri, serta unsur penegak hukum lain. Hadir pula seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kalimantan Selatan.


Rapat di Kalimantan Selatan itu membahas peningkatan penyerapan anggaran tahun 2015 dan penanganan korupsi untuk memenuhi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sehari sebelum pertemuan Forkompinda itu, Tarmizi telah membahas penerapan UU Pemerintahan Daerah itu dalam rapat koordinasi dengan Bupati dan Wali Kota se-Kalimantan Selatan. Rapat koordinasi itu sekaligus membahas penyerahan kewenangan izin pertambangan dari kabupaten/kota ke provinsi.

Kemarin, Luhut mempertanyakan ketidakhadiran Gubernur Kalsel dan beberapa pejabat lain dalam Rapat Satuan Tugas Pengendalian Nasional Operasi Darurat Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan yang digelar di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Gubernurnya mana? Saya minta dia nanti telepon saya. Situasi darurat, gubernurnya tidak hadir," ucap Luhut. (Baca Luhut Marah Gubernur Absen: Jangan Diwakili Jika Masih Hidup!)

Dalam rapat di Kementerian itu, Tarmizi diwakili oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan.

Luhut meminta agar seluruh pimpinan pusat dan daerah dapat menghadiri rapat koordinasi serupa pekan depan demi kelancaran penanganan kebakaran hutan. (agk/agk)