Bang Haji Rhoma yang Punya Perhatian Khusus pada Penampilan

Ranny Virginia Utami, CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2015 16:13 WIB
Bang Haji Rhoma yang Punya Perhatian Khusus pada Penampilan Ketua Umum Partai Idaman H. Rhoma Irama saat latihan sebelum deklarasi Partai Idaman di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang tak kenal si Raja Dangdut, Rhoma Irama. Mulai eksis sejak tahun 1970an, sosok Rhoma seakan tak termakan usia.

Terbukti saat ia memperkenalkan partai miliknya, Partai Idaman, pada 11 Juli lalu. Meski baru seumur jagung, parti yang didirikannya itu sudah memiliki massa yang tersebar di penjuru negeri. Kebanyakan anggota Partai Idaman berasal Fans of Rhoma and Soneta (Forsa). Soneta adalah band yang didirikan dan digawangi Rhoma.

Terlepas dari citra Islam yang dimiliki Rhoma, pria kelahiran Tasikmalaya ini ternyata memiliki perhatian khusus terhadap penampilan, terutama jika tampil di muka publik.


Misalnya ketika Rhoma secara langsung turun ke lapangan untuk melihat sendiri proses persiapan Deklarasi Nasional Partai Idaman di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat.
Tiba di lokasi sekitar pukul 4 sore, Rhoma langsung menuju panggung acara. Saat itu, Rhoma tampak santai mengenakan kemeja seragam partai berwarna hijau, celana bahan berwarna hitam dan sandal kulit.

Mulai dari tata panggung, tata suara, urutan acara, perlengkapan hingga sistem pengamanan, semuanya habis dibahas satu persatu oleh pria yang akrab disapa Bang Haji ini.

“Nanti kalian masuk lewat sana, ya. Di sini nanti semua ditaruh pot-pot bunga. Semuanya mengerti ya,” ujar Rhoma saat melakukan geladi bersih.

Empat jam lebih berkutat dengan persiapan untuk deklarasi tak lantas membuat dirinya kelelahan. Ia menyadari betul bahwa penampilan adalah salah satu unsur penting yang tak boleh terlupakan.

Hal ini kembali diperlihatkan Rhoma ketika CNN Indonesia berkesempatan untuk mewawancarainya langsung usai geladi bersih. Melihat kamera video yang ingin merekam wawancara tersebut, secara halus ia menyatakan keberatannya.
“Maaf, saya kira hanya ngobrol-ngobrol biasa saja. Kalau dengan kamera video, saya tidak siap karena sehabis GR (geladi bersih). Jadi, saya agak lusuh. Mohon maaf, ya,” ujar Rhoma.

Banyak pihak menilai keberadaan Partai Idaman tak bisa dipandang sebelah mata di panggung politik Indonesia. Sosok Bang Haji yang sangat kuat menjadi salah satu poin utama yang dianggap mampu memperbesar dan mempertahankan partai.

Memiliki penggemar yang cukup banyak dan loyal, Partai Idaman diperkirakan akan menuai sukses dan mampu menggerus dukungan massa dari partai-partai lain, terutama partai berbasis massa Islam. (sur/sur)