Anggota DPRD DKI Duga Ada Dalang di Balik Isu Bantar Gebang

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Selasa, 03/11/2015 02:52 WIB
Anggota DPRD DKI Duga Ada Dalang di Balik Isu Bantar Gebang Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Prabowo Soenirman, menilai adanya unsur politik terkait permasalahan Bantar Gebang. (CNN Indonesia/Eky Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Permasalahan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Bantar Gebang, Bekasi, dan aksi pencegatan truk sampah di Cileungsi ternyata menyeret perseteruan baru antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bekasi.

Namun begitu, DPRD DKI Jakarta justru menilai adanya unsur politik terkait dua masalah tersebut. Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Prabowo Soenirman, mengungkapkan kemungkinan ada seseorang yang bermain di balik perseteruan yang mendadak muncul tersebut.

"Pada saat Pak Ahok berbicara mengenai itu, barulah bermunculan klaim. Saya yakin ada orang yang menggerakkan itu," kata Prabowo saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (2/11).


Sayangnya Prabowo enggan menyebut siapa orang yang bermain di belakang tersebut. Dia tak mau jika dianggap menuduh DPRD Bekasi sebagai oknum tersebut.

Prabowo, yang merupakan politisi Partai Gerindra, menjelaskan bahwa Dinas Kebersihan DKI Jakarta harus segera mengambil langkah cepat untuk mengatasi permasalahan Bantar Gebang.

Pendekatan persuasif kepada warga juga harus dilakukan dengan harapan mereka bisa mengerti permasalahan yang sebenarnya terjadi.

"Ini tidak mungkin ditangani sendiri, pasti dengan aparat juga," ujarnya.

Kalaupun ada penolakan dari warga masyarakat, Prabowo kembali meyakini bahwa ada unsur politik di belakangnya. Karenanya, jika dugaan benar maka aparat bisa menyelesaikannya.

"Jika itu bersifat politis maka kita bisa menyelesaikan dengan aparat, saya yakin ada orang di belakangnya," ujarnya. (meg/meg)