Pilkada Serentak Digelar, Menko Luhut Keliling ke TPS Tangsel

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 08:06 WIB
Pilkada Serentak Digelar, Menko Luhut Keliling ke TPS Tangsel Indonesia menggelar Pilkada Serentak pertama hari ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak di Kota Tangerang Selatan, Rabu (9/12).

Luhut lebih dulu menyambangi Mabes Polri untuk menggelar telekonferensi bersama Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan seluruh jajaran Polda yang menjaga pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing.

Setelah telekonferensi dilakukan, Luhut dan rombongan segera menuju Polres Tangerang Selatan. Jenderal Purnawirawan Angkatan Darat itu akan menyambangi empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terletak di kota pimpinan Airin Rachmi Diany tersebut.
Beberapa TPS yang akan didatangi Luhut adalah TPS 53 di Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat; TPS 47 di Komplek Graha Permai; serta TPS 34 dan 35 di Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren.


Hari ini Pilkada Serentak diselenggarakan pertama kali di Indonesia. Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum, terdapat 100.461.890 warga negara Indonesia yang akan menyumbangkan suara di Pilkada Serentak 2015 ini.

Pilkada serentak tahun ini digelar di 32 provinsi dan 269 kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut, terdapat 15 Daerah Otonomi Baru yang mengikuti Pilkada serentak. Satu di antaranya Provinsi Kalimantan Utara dan 14 lainnya kabupaten di sejumlah provinsi.
(agk)