Rapat Pimpinan MKD Putuskan Undang Luhut Pekan Depan

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Jumat, 11/12/2015 15:03 WIB
Rapat Pimpinan MKD Putuskan Undang Luhut Pekan Depan Rapat Koordinasi Nasional Pilkada serentak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan memutuskan akan memanggil Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan untuk dimintai keterangan dalam lanjutan penanganan perkara etik Ketua DPR Setya Novanto.

Wakil Ketua MKD, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pemanggilan Luhut dilakukan karena namanya disebut sebanyak 66 kali dalam percakapan antara Ketua DPR, Setya Novanto, pengusaha M. Riza Chalid dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.

“Rapat pimpinan memutuskan mengundang Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (14/12) pukul 13.00 siang," kata Dasco, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (11/12).
Dasco mengatakan, selain mengundang Luhut, MKD juga akan melayangkan pemanggilan kedua terhadap Riza. Surat panggilan akan diantar ke alamat Riza pada hari ini.


Pemanggilan paksa terhadap Riza, dengan melibatkan pihak kepolisian dinilai belum diperlukan, karena masih dalam tahap panggilan kedua.
Selain itu, meski pihak sekretariat MKD sempat menyebutkan terdapat tiga alamat yang dimiliki Riza, Dasco tak mau ambil pusing. Ia yakin, dari ketiga alamat itu, akan ada yang menerimanya.

"Teknisnya sekretariat, nanti di alamat yang mana, kan ada yang menerima," ujar Dasco.

Persidangan Riza dijadwalkan akan berlangsung pada Senin pukul 10.00 pagi atau sebelum jadwal Luhut. Dasco berharap persidangan keduanya akan berlangsung terbuka.
Sebelumnya, Wakil Ketua MKD, Junimart Girsang menyatakan membuka peluang memanggil Luhut. "Kita punya aturan, tidak bisa seketika memanggil orang. Kita akan rapatkan, kalaupun harus dipanggil, kita akan tentukan kapan akan dipanggil. Jadi tergantung pada rapat internal," kata Junimart

Selain itu, Politikus PDI Perjuangan ini juga mengatakan MKD menargetkan memeriksa pengusaha Riza Chalid sebelum DPR memasuki masa reses Jumat pekan depan, 18 Desember.

“Target memanggil Muhammad Riza Chalid. Dia yang paling tahu anatomi pertemuan dan paling dominan (dalam percakapan),” ujar Junimart. (bag)