Pemerintah Dukung Langkah KPK Tetapkan RJ Lino Tersangka

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2015 21:00 WIB
Pemerintah Dukung Langkah KPK Tetapkan RJ Lino Tersangka Dirut Pelindo II RJ Lino ditetapkan jadi tersangka korupsi oleh KPK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki mengatakan pemerintah selalu mendukung upaya Komisi Pemberantasan Korupsi dalam penegakan hukum. Termasuk saat KPK menetapkan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Richard Joost Lino sebagai tersangka korupsi.

"Pemerintah selalu tak ingin campuri urusan hukum, apalagi ini urusannya KPK. Kami tahu KPK kredibel. Pemerintah akan support," ujar Teten di Bina Graha, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (18/12) malam.

Lino jadi tersangka korupsi pengadaan Quay Container Crane tahun anggaran 2010. Menteri BUMN Rino Soemarno menurut Teten juga akan akan memberikan dukungan pada KPK.

KPK mengumumkan penetapan tersangka Lino malam ini. Penyidik KPK menemukan dua alat bukti yang cukup untuk menjeratnya dalam perkara tersebut.

"Kami telah menemukan dua alat bukti yang cukup dalam proses penyelidikan dan menetapkan RJL (RJ Lino) sebagai tersangka," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Jakarta.


Dalam perkara tersebut, Lino diduga melakukan pelanggaran karena telah menunjuk langsung pengadaan 3 Quay Container Crane di Pelindo II.

Atas perbuatannya, Lino pun disangka melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (sur/sur)