Liburan Panjang, Jalanan Jakarta Lengang

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Sabtu, 26/12/2015 10:48 WIB
Liburan Panjang, Jalanan Jakarta Lengang Ilustrasi (Antara Foto/Fanny Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liburan Panjang menyebabkan kemacetan panjang di rual tol dalam dan luar kota beberapa hari lalu. Namun pemandangan sebaliknya terjadi di ibu kota, lalu lintas lengang dan lancar.

Pemandangan lengang bisa disaksikan di berbagai ruas jalan utama Jakarta yang biasanya padat kendaraan.

Di Bundaran Hotel Indonesia misalnya, TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitternya melaporkan lalu lintas ramai lancar.


"09.26 Polri melakukan pengaturan di Bundaran HI Jakpus, situasi lalin ramai lancar," tulis TMC.

Laporan senada disampaikan untuk keadaan lalu lintas di Monas, bundaran Senayan, dan Harmoni. Situasi yang sama terjadi di Margonda, Depok, dan Pamulang arah Ciputat.

twitter/@TMCPoldaMetro
Salah seorang pengguna jalan, Anggit Parikesit, menempuh perjalanan dengan motor dari Jatibening, Bekasi, menuju Buncit, Jakarta Selatan, hanya memakan waktu 45 menit.

"Jalanan Kali Malang sangat lancar. Biasanya butuh 1 hingga 1,5 jam. Sekarang 45 menit, itu pun karena saya berjalan pelan," kata Anggit kepada CNN Indonesia.

twitter/@TMCPoldaMetro
Kondisi ini terjadi akibat liburan panjang Maulid Nabi Muhammad, Natal dan Tahun Baru. Sebelumnya Rabu malam lalu di awal liburan, warga Jakarta berbondong-bondong ke luar kota, menyebabkan kemacetan parah di tol dalam dan luar kota.

Sementara itu kemacetan terjadi di Tol Cikampek sepanjang 5 kilometer akibat truk terguling di KM46.

Diperkirakan arus balik terjadi pada 2 Januari 2016 mendatang. Rapat antisipasi arus balik akan digelar sore nanti yang dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian, perwakilan Polda Jawa Barat, jajaran Polres Bogor, Polres Karawang dan pengebola rest area jalan tol.

twitter/@TMCPoldaMetro
(den)