Jokowi Lantik Nazir Foead Jadi Kepala Badan Restorasi Gambut

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2016 09:59 WIB
Jokowi Lantik Nazir Foead Jadi Kepala Badan Restorasi Gambut Presiden Joko Widodo menunjuk Nazir Foead sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut yang baru saja dibentuknya. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo melantik Nazir Foead sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), lembaga yang baru saja dibentuknya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2016.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/1), tepat pukul 09.30 WIB. Terlihat hadir para menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3/M/Tahun 2016 tentang Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut, Jokowi mengangkat Nazir Foead sebagai kepala badan tersebut. Nazir mendapatkan hak dan fasilitas setingkat pimpinan tinggi utama sesuai peraturan perundang-undangan. Peraturan ini berlaku sejak 18 Januari 2016.


Nazir akan membawahi empat deputi yang membantunya menjalankan tugas dalam mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut yang ada di beberapa provinsi. Ini merupakan bentuk respons pemerintah atas terjadinya kebakaran lahan dan hutan di beberapa provinsi pada tahun 2015 lalu.

Provinsi-provinsi yang menjadi perhatian utama BRG dalam waktu dekat ini, papar Jokowi, di antaranya adalah Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Presiden Jokowi sebelumnya menyebutkan, ia memilih Nazir karena dianggap memiliki kompetensi dan pengalaman dalam bidang restorasi hutan dan gambut, terutama kemampuan dalam berkoordinasi dengan kementerian, lembaga, dan jejaring lembaga internasional. (obs/obs)